Sukses

Cegah Tikus Merusak Kabel Mobil dengan Cara Ini

Meski tak membahayakan, tikus merupakan salah satu hewan yang sering kali bersarang di mobil dan merusak kabel di dalamnya. Hal ini tentu sangat merugikan pemilik kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Tikus merupakan salah satu hewan yang sering kali bersarang di mobil dan merusak kabel di dalamnya. Hal ini tentu sangat merugikan pemilik kendaraan.

Untuk memperbaikinya, tak jarang pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya tambahan yang cukup tinggi. Agar tak terjadi, ada beberapa cara mudah mencegah tikus bersarang di mobil kesayangan.

Berikut ulasannya seperti dilansir Hyundai Indonesia, Selasa (6/10/2020).

1. Gunakan Perangkap di Sekitar Garasi

Dengan perangkap di sekitar garasi, maka tikus akan tertangkap sehingga tidak bisa memasuki area mesin mobil. Selain itu, pemilik kendaraan juga bisa meletakkan kapur barus di sekitar kendaraan.

2. Suara Ultrasound

Sensitif terhadap suara, tikus bisa mendengar suara frekuensi tinggi yang tidak bisa didengar manusia.

Alat yang sering disebut sebagai ‘Mouse Repellent’ ini tersedia di berbagai toko dan terus memancarkan suara frekuensi tinggi yang bisa mengganggu dan mengusir tikus.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Jaga Kebersihan

Bersihkan tumpukan kotoran dan barang disekitar mobil terparkir. Jangan lupa bersihkan pula sisa sisa makanan dan kotoran di dalam mobil.

4. Buka Kap Mesin

Bila mobil diparkir di dalam ruangan, membuka kap akan membuat tikus bisa keluar dari dalam kompartemen mesin.

Selain itu, tikus tidak suka tempat yang terang. Dengan cahaya dari ruangan, maka tikus tidak akan bersembunyi di balik kap mesin.

5. Jangan Biarkan Mobil Terlalu Terparkir

Tempat yang mudah diakses dan minim cahaya membuat tikus terus menerus tinggal di dalamnya. Dengan sering menggunakan mobil, maka panas dari mesin akan mengurangi minat tikus untuk tinggal di balik kap mesin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.