Empat Cara Bikin Mobil Lama Seperti Baru

Oleh Arief Aszhari pada 02 Okt 2020, 12:02 WIB
Diperbarui 02 Okt 2020, 12:02 WIB
Interior Mobil Dinas Menteri Baru jenis Toyota Crown 2.5 HV G-Executive
Perbesar
Interior Mobil Dinas Menteri Baru jenis Toyota Crown 2.5 HV G-Executive (dok: Toyota)

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik mobil yang sudah bosan dengan kendaraan lamanya, pilihannya adalah menjual dan mengganti dengan yang baru. Namun, ada beberapa juga yang memilih jalur modifikasi, atau melakukan ubahan untuk roda empat kesayangan.

Biasanya, si empunya kendaraan yang hanya melakukan perbaikan atau modifikasi terlalu sayang dengan mobilnya. Jadi, dengan sedikit penambahan atau mengganti aksesori tampilan mobil lama bisa jadi lebih baru.

Berikut, seperti dilansir laman resmi Mobil88, ada 4 cara bikin tampilan mobil lama jadi terlihat lebih baru:

1. Head unit layar sentuh

Jika mobil masih menggunakan sistem audionya masih menggunakan model lama, yaitu head unit single din dengan CD/DVD player dan belum bisa menggunakan USB atau Bluetooth yang terhubung ke smartphone.

Si pemilik bisa menggantinya dengan head unit kekinian yang sudah layar sentuh dan bisa melakukan koneksi ke smartphone kamu, bahkan bisa mirroring juga.

Sekarang ini banyak sekali produk head unit aftermarket yang tinggal disesuaikan dengan budgetmu. Harganya berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung merek dan juga fitur yang ditawarkan.

Minimal carilah yang sudah bisa tersambung secara eksternal seperti Bluetooth dan USB. Ada juga yang sudah menggunakan sistem berbasis Android, atau menyajikan konektivitas gawai seperti Apple CarPlay dan Android Auto.

Kalau sudah menggunakan layar sentuh yang canggih ini, maka kamu juga bisa menambahkan kamera mundur di dalam kabin yang akan memudahkanmu saat parkir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. TPMS

Tire Pressure Monitoring System (TPMS) (Hyundai)
Perbesar
Tire Pressure Monitoring System (TPMS) (Hyundai)

Mobil-mobil sekarang juga sudah memiliki fitur yang bisa mengecek tekanan ban mobil. Fitur bernama Tire Pressure Monitoring System (TPMS) ini ternyata juga sudah tersedia sebagai aksesoris tambahan.

Cara pemasangannya pun terbilang mudah, tanpa perlu mengakali kelistrikan mobil. Hanya terdapat perangkat tambahan untuk membaca tekanan dari tutup pentil ban dan juga layar yang menampilkan tekanan ban di dalam kabin.

Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp 250 ribuan, dan bisa menemukannya di marketplace.

3. Kamera Dashcam

Sekarang ini banyak fitur di mobil yang memudahkan pengemudi, termasuk merekam semua kejadian di luar saat berkendara.

Kamera dashcam sekarang menjadi perangkat yang lazim ditemui di mobil modern. Fiturnya yang dapat merekam suasana di jalan bersifat krusial ketika terjadi insiden yang tidak diinginkan.

Hasil rekaman kamera dashcam ini juga dapat dijadikan bukti ketika suatu saat terlibat kecelakaan, atau menjadi saksi.

Kamu bisa menambahkan dashcam ini sebagai proteksi di jalan raya yang harganya juga cukup terjangkau. Ada beragam merek dan jenis dashcam yang kamu bisa temui di marketplace.


4. Air Purifier di kabin

Alat yang satu ini sangat bermanfaat saat kondisi pandemi seperti sekarang, karena fungsinya yang bisa menyaring udara di dalam kabin. Sehingga kabin mobil tetap segar dan bebas dari virus serta bakteri selama kamu berkendara.

Air purifier ini juga tersedia dalam beragam merek dan jenis. Jika kamu menggunakan di dalam mobil, cukup dengan menghubungkan dengan colokan lighter 12V saja.

Dengan alat ini, maka mobil kamu akan terasa seperti mobil kekinian yang sudah memiliki fitur ini sebagai fitur bawaan dari peranti AC.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya