Sukses

Hati-Hati, Lakukan 4 Hal Ini Saat Lewati Jalan Berpasir dan Berkerikil

Tak hanya jalan beraspal dan beton, terdapat beragam jenis jalan di Indonesia yang belum mendapatkan perhatian atau rusak karena sering kali dilewati kendaraan besar.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya jalan beraspal dan beton, terdapat beragam jenis jalan di Indonesia yang belum mendapatkan perhatian atau rusak karena sering kali dilewati kendaraan besar.

Selain itu, jalan di desa biasanya tak mendapatkan perhatian khusus dan kerap berlumpur, tergenang air, berkerikil hingga berpasir. Berbeda saat berkendara di jalan raya, masing-masing medan tentu membutuhkan teknik berkendara khusus.

Untuk lebih lengkapnya, berikut informasi terkait tips berkendara dengan sepeda motor di jalan berkerikil dan berpasir, seperti dilansir Wahana Honda, Rabu (30/9/2020).

1. Kurangi kecepatan berkendara

Saat melihat medan berbatu dan berkerikil, pengendara motor sebaiknya mengurangi kecepatan laju kendaraan. Semakin besar rintangan bebatuan yang harus dilewati, maka semakin rendah pula kecepatan yang disarankan.

Apabil berkendara dengan kecepatan tinggi di jalanan berbatu, ban motor bisa bocor hingga benturan keras ke komponen kendaraan.

2. Genggam kuat setang motor

Saat melewati jalanan berpasir atau berkerikil, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah tetap fokus. Jangan lupa memegang erat setang motor.

Hal ini berguna untuk menghindari ketidakstabilan saat berkendara, terutama jika kerikil yang ada di jalanan cukup banyak dan berukuran besar.

Guncangan yang terjadi seringkali membuat kendaraan sulit untuk dikontrol. Alhasil pengendara tidak bisa memegang kendali dengan kuat dan jatuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Hindari menggunakan rem depan

Saat motor melewati jalan berpasir, hal yang perlu diperhatikan ialah penggunaan rem. Jangan gunakan rem depan karena berpotensi menyebabkan ban selip, dan membuat kendaraan terjatuh.

Selain itu, pengendara juga harus menghindari pengereman mendadak atau hard braking karena memicu terjadinya ban selip yang membuat motor tergelincir.

Jika harus melakukan pengereman, lakukan secara bertahap dan jangan direm dalam sekali tarikan.

 

3 dari 4 halaman

4. Tetap fokus ke depan

Jangan hanya terpaku pada jalanan yang berbatu karena dapat mencuri fokus dan membahayakan keselamatan. Selama berkendara, jalanan berbatu atau berkerikil bisa dilewati dengan mudah.

Kuncinya, turunkan kecepatan serta ego ketiga berkendara. Jangan karena ingin lekas sampai tujuan, pengendara memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi di jalan berbatu, berkerikil ataupun berpasir.

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.