Sukses

Seluk Beluk Toyota Gazoo Racing, Divisi Spesialis Mobil Kencang

PT Toyota Astra Motor (TAM) mendatangkan Toyota Supra yang disemati huruf GR. Kabarnya, Toyota Yaris versi GR pun bisa saja dibawa ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) mendatangkan Toyota Supra yang disemati huruf GR. Kabarnya, Toyota Yaris versi GR pun bisa saja dibawa ke Indonesia.

Lantas, apa sebenarnya arti GR di mobil Toyota?

GR sebenarnya merupakan singkatan dari Gazoo Racing. Mereka adalah divisi motorsport Toyota yang bertugas untuk meningkatkan performa mobil dan turun di ajang balap, seperti World Rally Championship (WRC), Dakar Rally, dan 24 Hours of Le Mans.

Toyota beranggapan bahwa dunia balap mampu mengungkap potensi terbaik dari suatu kendaraan. Di sirkuit dan beradu cepat juga menjadi salah satu cara untuk menguji kendaraan mereka hingga batas tertingginya.

Divisi ini pun dihuni oleh para teknisi terbaik Toyota. Pengalaman dan data yang didapat dari arena balap kemudian diolah sebagai acuan untuk mengembangkan mobil baru. Ini sesuai dengan filosofi Toyota Gazoo Racing, yakni "Roads Build People and People Build Cars". 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Resmi 2015

Diresmikan pada 2015 lalu, Toyota Gazoo Racing tak hanya bertugas untuk membuat mobil balap. Mereka turut mengembangkan beberapa produk Toyota hingga menjadi line-up tersendiri, yakni GR.

Setidaknya ada 3 klasifikasi pada line-up GR. Pertama ialah Pure GR, seperti Toyota GR Supra, yang dirancang dan dikembangkan langsung oleh Toyota Gazoo Racing. Ini dilakukan untuk mencapai spesifikasi tertinggi serta menghadirkan pengalaman berkendara yang sporty.

 

3 dari 4 halaman

GR Sport

Kedua jenis lainnya ialah GR Sport. Ada model yang dikembangkan tidak langsung dengan turun di ajang balap, tapi menggunakan pendekatan yang serupa. Para teknisi melakukan tuning untuk memberi sensasi berkendara layaknya sebuah mobil sport.

Terakhir ialah GR Sport yang lebih menyeluruh. Selain mengatur ulang mesin agar lebih kencang, Toyota Gazoo Racing juga melakukan beberapa ubahan di ekseterior dan interiornya. Jelas, mereka ingin memberikan performa ganas, tampilan gahar, serta feeling sporty bagi pengendaranya.

Sumber: Otosia.com

 

4 dari 4 halaman

Infografis motor listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.