Periksalah Komponen Ini, Sebelum Membeli Mobil Bekas

Oleh Reza pada 28 Sep 2020, 09:57 WIB
Diperbarui 02 Mar 2021, 16:10 WIB
20150701-Permintaan Mobil Bekas Masih Lesu Jelang Lebaran-Depok 2
Perbesar
Penjual dan calon pembeli tengah mengecek kondisi mobil di showroom penjualan mobil bekas di kawasan Depok, Rabu (1/7/2015). Menjelang Lebaran, tingkat penjualan mobil bekas hanya meningkat sekitar 10-15%. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Membeli mobil bekas tentu memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Namun, ada beberapa catatan penting sebelum membeli mobil bekas ini. Kira-kira apa yang perlu dicermati?

Dilansir liputan6.com, berikut komponen yang perlu diperiksa sebelum kamu membeli mobil bekas:

Mesin mobil

Jangan terpengaruh dengan mobil yang mulus tetapi mesin rusak. Maka dari itu, hal pertama yang bisa kamu periksa membeli mobil bekas, ialah memeriksa mesin mobil. Pasalnya, tidak jarang juga penjual mobil bekas nakal yang mengakali bagian mesin agar mobil terlihat memiliki performa yang baik.

Nah, buka kap mesin dan periksa apakah terdapat kebocoran ataupun korosi. Selanjutnya kamu juga bisa periksa bagian oli dengan mencabut tongkat pengukur kemudian lihat kepekatan warna oli. Jangan lupa juga periksa bagian belt serta accu untuk memastikan bagian kelistrikan dalam keadaan baik.

Kelistrikan

Saat mengecek mobil bekas yang akan kamu beli, hal pertama yang bisa kamu periksa ialah bagian kelistrikan. Pasalnya, mobil bekas memiliki potensi mengalami masalah kelistrikan karena sudah digunakan cukup lama.

Masalah kelistrikan bisa saja terjadi dari beberapa faktor. Mulai dari mobil dimodifikasi oleh pemilik lama sampai adanya hewan yang masuk ke mesin.

Kalau tidak diperiksa, bisa saja kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk menganti komponen listrik pada mobil. Bukannya untung, malah buntung nantinya.

Pendingin Udara (AC)

Faktor pendingin mobil menjadi salah satu komponen yang mesti diperiksa saat membeli mobil bekas. Kamu bisa mengecek tingkatan kedinginan pada AC mobil tersebut. Jika tingkat kedinginan berkurang, alangkah baiknya kamu minta pemilik lama untuk mengantinya terlebih dahulu atau bisa mengurangi harga mobil.

Periksa bagian bawah mobil

Memeriksa bagian bawah mobil bekas, kamu bisa mengetahui apakah mobil itu bekas banjir atau tidak. Nah, jika kamu melihat  bagian mobil penuh dengan karat bisa saja mobil tersebut terkena banjir.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek interior mobil tersebut. Jika di bagian interior bawah mobil terlihat ada beberapa bagian karatan bisa saja mobil tersebut pernah kena banjir.

Maka dari itu, jangan sembarangan beli mobil bekas. Belilah mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang murah. Kamu bisa membeli melalui situs jual beli mobil tepercaya.

Setelah memilih mobil yang kamu inginkan, hubungi pihak penyedia mobil bekas melalui telepon.

Yuk, pilih mobil bekas impianmu di situs jual beli mobil terpercaya dengan harga terbaik. 

 

(*)