Sukses

Selalu Waspada, Ternyata Setir Mobil Lebih Jorok Dibanding Toilet

Jika roda empat kesayangan kotor, ada satu bagian yang bahkan bisa lebih jorok dari toilet.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil, merawat atau membersihkan kendaraan menjadi hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, jika roda empat kesayangan kotor, ada satu bagian yang bahkan bisa lebih jorok dari toilet.

Ya, bagian tersebut adalah setir mobil. Hal ini, berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Queen Mary University di London Inggris, yang mengungkapkan jika roda kemudi itu bisa sembilan kali lebih kotor dibanding pispot di toilet umum.

Studi ini menemukan bahwa ada 700 bakteri hidup di setiap inci dari setir mobil. Jumlah bakteri ini jauh lebih banyak ketimbang yang ada di pispot toliet, yaitu hanya 80 bakteri.

Bakteri yang hidup di setir dan di seluruh bagian interior mobil, adalah bacillus cereus. Bakteri ini sering ditemukan dalam pasta, kentang, dan nasi ini dapat menyebabkan keracunan makanan.

Menurut Direktur ilmu biomedis Queen Mary University, Ron Cutler, mengungkapkan jika sebagian besar bakteri memang tidak menyebabkan masalah kesehatan. Tetapi, di beberapa mobil ditemukan bakteri yang menjadi rumah bagi sejumlah spesies bakteri yang berpotensi berbahaya.

"Kebanyakan orang membersihkan rumah mereka. Tetapi banyak orang lalai membersihkan mobil mereka, dan eperti mengemudi dengan kendaraan dengan kondisi mirip tempat sampah," jelas Ron Cutler, seperti disitat dari Autoevolution, Kamis (24/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab bakteri

Penyebab utama dari banyaknya bakteri di setir mobil ini adalah sebagian besar pengemudi kerap makan di mobil. Dari hasil penelitian ini tercatat 42 persen pengemudi makan di dalam mobil, dan hanya sepertiga dari mereka membersihkan interior mobil mereka setahun sekali.

Bahkan di Inggris, sekitar 10 persen pengemudi mobil mengakui bahwa mereka tidak pernah membersihkan bagian dalam kendaraan.

Para peneliti ini juga mengungkapkan fakta jika ruang paling kotor di dalam mobil adalah bagasi, yang merupakan rumah dari 1.000 bakteri di setiap setengah inci lapisan di bagasi mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini