Land Rover Defender James Bond Dilelang, Berminat?

Oleh Arief Aszhari pada 17 Sep 2020, 17:38 WIB
Diperbarui 17 Sep 2020, 17:38 WIB
Land Rover Defender James Bond Dilelang, Berminat? (Carscoops)
Perbesar
Land Rover Defender James Bond Dilelang, Berminat? (Carscoops)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah Land Rover Defender dengan sejarah yang panjang, siap masuk lelang dan tersedia bagi pecinta petualang di alam bebas. Namun, model ini bukan versi biasa, melainkan yang sudah dimodifikasi.

Melansir Carscoops, Land Rover Defender rakitan 1993 ini pernah digunakan oleh militer Turki. Setelah itu, model ini dibeli oleh seseorang pada 2003, dan dijual kembali Juni 2019.

Mobil ini, akhirnya dimodifikasi mirip dengan Defender yang digunakan James Bond di film Spectre.

Model ini, sudah dicat dengan warna santorini black, dilengkapi fender flare, bumper depan aftermarket, gril KBX, rak atap dengan penerangan tambahan, lampu belakang asap, dan lampu dengan LED.

Selain itu, kap mobil ini juga menggunakan penutup yang sama seperti di film.

Bagian interior juga diubah, dengan jok kulit hitam, karept baru, serta sistem AC anyar. Hiburannya, dilengkapi layar sentuh dengan head unit 2Din.

Jantung penggeraknya, menggunakan mesin V8 berkapasitas 3,5 liter dan dikawinkan dengan transmini manual 5 percepatan. 

2 dari 2 halaman

Modifikasi Land Rover Defender Listrik, Gagah dan Ramah Lingkungan

Banyak rumah modifikasi yang mengikuti perkembangan mobil listrik. Misalkan saja East Cost Defenders (E.C.D) Automotive Design yang menyulap Land Rover Defender konvensional menjadi mobil listrik.

E.C.D memang dikenal cukup lama sebagai spesialis restorasi Land Rover Defender. Bahkan, perusahaan yang berdiri sejak 2013 di Florida, AS ini mengembangkan mesin V8 untuk disematkan ke Defender. Inovasi terakhir adalah mesin LT4 V8 yang menghasilkan 639,6 Tk dan torsi 854 Nm. Menjadikan jantung mekanis paling bertenaga yang pernah bersemayam di Defender.

Melihat perkembangan zaman, meski mesin pembakaran konvensional masih diminati, mulai terbentur berbagai kendala. Salah satunya regulasi emisi. Elektrifikasi pun dinilai menjadi solusi untuk mempertahankan keberadaan Defender keluaran lama, terutama di pasar SUV Amerika Serikat.

Jantung penggerak yang dipakai Land Rover Defender ini merupakan milik Tesla. Mereka juga menggandeng ahli kendaraan elektrifikasi dari Inggris, Electric Classic Cars. Sasis yang digunakan dirombak agar dapat menggendong seluruh komponen, mulai dari baterai sampai motor penggerak.

Sayangnya tak disebutkan spesifikasi lengkap dari Defender listrik. Namun, melihat DNA mobil yang mampu melibas berbagai medan termasuk off-road; E.C.D kemungkinan membenamkan dua motor listrik di depan dan belakang. Guna mempertahankan kemampuan 4x4 mumpuni.

 

Lanjutkan Membaca ↓