Sukses

Tips Menyalakan Motor yang Kelamaan Mangkrak di Rumah

Jika motor lama tidak digunakan, akan sulit untuk menyalakan untuk pertama kalinya.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring meningkatnya kasus Corona Covid-19 yang terjadi di Jakarta, saat ini kembali diberlakukan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Banyak masyarakat yang harus bekerja dari rumah lagi, dan kendaraan baik mobil atau motor diparkir di rumah dan tidak digunakan.

Biasanya, jika motor lama tidak digunakan, akan sulit untuk menyalakan untuk pertama kalinya. Selain itu, motor juga kadang muncul masalah, dan salah satunya timbul karat di komponen mesin.

Jadi, sangat disarankan mesin motor sesekali dihidupkan meskipun tidak digunakan karena tidak beraktivitas di luar.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, menghidupkan mesin motor yang lama tidak dipakai itu butuh perlakuan khusus. Hal ini penting untuk diperhatikan, agar kerusakan komponen mesin akibat kurang pelumasan bisa dihindari atau paling tidak diminimalisir.

Contohnya, jika motor disimpan lebih dari satu bulan, oli mesin biasanya akan mengendap di bak penampungan. Sementara ketika mesin dihidupkan, komponen mesin di bagian atas butuh pelumasan yang tidak sedikit.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sirkulasi Oli

Jangan sampai ketika mesin dihidupkan, komponen di kepala silinder dalam kondisi minim pelumasan.

Ada beberapa langkah yang bis dilakukan agar motor tetap aman ketika sudah lama tak dinyalakan atau digunakan.

Hal pertama harus dilakukan sebelum menghidupkan mesin motor yang lama tak dinyalakan, adalah mengengkol sebanyak 15 kali. Hal tersebut, bertujuan agar olinya bersirkulasi.

 

3 dari 4 halaman

Komponen Lain

Setelahnya, coba nyalakan mesin motor dengan bantuan choke. Ini untuk motor yang masih memakai choke. Kalau tidak ada choke, nyalakan mesin dengan memakai engkol.

Komponen lain yang harus diperiksa sebelum motor dinyalakan adalah aki. Kalau aki soak karena dibiarkan terlalu lama tidak dipakai, maka pengisian listrik menjadi sia-sia. Hasilnya, mesin mungkinsaja tidak bekerja dengan normal.

4 dari 4 halaman

Infografis Gebrakan Denda Tidak Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.