Sukses

Nissan Bocorkan Z Proto Bertransmisi Manual

Nissan kembali menyebar teaser sportscar calon penerus Fairlady Z yang disebut-sebut sebagai Nissan Z Proto. Kini Nissan memberikan sedikit bocoran informasi seputar transmisi yang digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Nissan kembali menyebar teaser sportscar calon penerus Fairlady Z yang disebut-sebut sebagai Nissan Z Proto. Kini Nissan memberikan sedikit bocoran informasi seputar transmisi yang digunakan.

Video hanya berdurasi 30 detik. Diawali mengulang ke model-model Z sebelumnya. Mulai 240Z, 280Z, 300ZX, sampai 350Z. Beberapa potongan bagian body prototipe yang diyakini akan bernama 400Z juga dipamerkan, meski sekadar siluet.

Di akhir video, Nissan menunjukkan sebuah gestur pengemudi menaruh tangannya di tuas transmisi. Bagian ini paling menarik perhatian, karena seolah mengisyaratkan Z Proto akan dapat opsi transmisi manual. Sesuatu yang menjadi semakin spesial di segmen sportscar belakangan ini.

Sepertinya ini cara Nissan mengonfirmasi atau menjawab rumor soal transmisi manual untuk penerus 370Z. Sejauh ini belum pernah secara tertulis Nissan menyatakan Z Proto akan dapat transmisi manual, karena tidak bisa dipastikan 100%. Namun buat apa juga Nissan memberikan ‘gimmick’ spesifik itu ke dalam video teaser kalau tanpa makna?

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Body Klasik

Dari rangkaian teaser sebelumnya, terlihat bahwa calon 400Z akan mengadopsi body styling klasik seperti generasi awal 240Z. Moncong panjang di depan dipadukan dengan body fastback. Ibaratnya perangai 400Z akan seperti layaknya sebuah grand tourer berdimensi kompak. Bahkan tampilan fascia belakang tampak mengadopsi elemen desain dari 300ZX.

Saat debut pada 16 September 2020 nanti, kemungkinan besar Nissan akan tampilkan Z Proto sebagai konsep dengan wujud mendekati versi produksi. Paling cepat, kabarnya Z Proto alias 400Z akan mulai dipasarkan pada akhir tahun 2021, atau bahkan 2022.

Rumor yang beredar selama ini, nama 400Z akan berasal dari besarnya tenaga mesin yang mencapai 400 hp. Performa tersebut datang dari mesin V6 3,0 liter twin-turbo yang Nissan akan adopsi dari Infiniti Q50 dan Q60. Artinya, Nissan tidak akan mengembangkan dan membuat mesin generasi baru, dengan perhitungan efisiensi.

Nissan pernah mencoba memasangkan mesin ini ke dalam 370Z bertransmisi manual. Performa hasil uji lebih baik dibanding Infiniti Q60. Ekspektasi sprint 0-100 kpj di bawah 5 detik, pencapaian yang wajar. Kalau benar model produksi nanti memakai transmisi manual 6-speed, tentu akan jadi tamparan bagi Toyota Supra A90 yang tidak punya pilihan itu.

 

3 dari 3 halaman

Sportscar di Hati Nissan

Bos Nissan bagian product planning, Ivan Espinosa sempat mengatakan bahwa, mobil sport terus berada di dalam hati Nissan. Pernyataan tersebut tidak terkecuali untuk GT-R juga. Disampaikan saat Tokyo Motor Show 2019 lalu, Espinosa bahkan mengakui suksesor Godzilla sedang digarap oleh Nissan.

Selain performa, kemungkinan besar Nissan akan membawa rangkaian teknologi baru juga untuk Fairlady Z. Saat 400Z meluncur nanti, tampaknya Toyota GR Supra harus siap-siap mendapat lawan baru dari negara asalnya.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.