Sukses

Desain Terbaik Kemenperin AMMDes Digimodz 2020 Bakal Diproduksi Massal?

Kemenperin AMMDes Digimodz 2020 menjadi ajang adu kreativitas para desainer digital untuk mendorong inovasi pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

Liputan6.com, Jakarta - Kemenperin AMMDes Digimodz 2020 menjadi ajang adu kreativitas para desainer digital untuk mendorong inovasi pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes). Seperti diketahui, AMMDes merupakan alat multifungsi yang bisa membantu hampir semua pekerjaan dan kebutuhan mekanis masyarakat pedesaan.

Kompetisi yang telah memasuki tahun kedua ini diharapkan dapat diikuti lebih banyak peserta serta menghasilkan karya-karya inofatif. Lalu apakah karya pemenang kompetisi modifikasi digital ini bakal diproduksi massal?

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika menyebut, ada peluang karya pemenang Kemenperin AMMDes Digimodz 2020 untuk diproduksi massal. Namun pastinya ada pertimbangan-pertimbangan lain sebelum desain itu diwujudkan.

"Dalam pengembangan suatu produk (AMMDes) itu terkait dengan bagaimana produk itu bisa menjadi solusi bagi masalah penggunanya. Karena ini masih dalam suatu konsep desain, tentu masih banyak sekali langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bisa direalisasikan sehingga tidak semua desain yang juara itu pasti akan diproduksi massal," terang Putu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disesuaikan

Sementara itu, Reiza Treistanto, Presiden Direktur PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen AMMDes menyebut, desain para pemenang tahun lalu ada yang dipertimbangkan untuk diproduksi.

"Untuk hasil karya tahun lalu ada beberapa aplikasi yang sudah kami follow up, contohnya untuk aplikasi ambulance pengumpan kemudian pemadam kebakaran dan molen. Walaupun akhirnya ada perbedaan di sana-sini dari desain pemenang tahun lalu, ini karena disesuaikan dengan kondisi teknis dari AMMDes yang ada saat ini," jelasnya.

Menurutnya, tujuan dilakukannya penyesuaian agar kustomisasinya tidak terlalu ekstrim. "Contohnya seperti desain tampak muka dan juga bagian kabin menjadi referensi yang akan kami gunakan ketika ada pengembangan AMMDes versi baru," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Kemenperin AMMDes Digimodz 2020 Resmi Bergulir, Total Hadiah Rp 25 Juta

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar kontes modifikasi digital Alat Mekanis Mutiguna Pedesaan (AMMDes) bertajuk 'Kemenperin AMMDes Digimodz 2020'. Penyelenggaraan yang masuk tahun kedua ini, Kemenperin menggandeng PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen AMMDes serta National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier menyampaikan, diselenggarakannya kompetisi digital AMMDes Digimodz sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan masukan pengembangan desain AMMDes dan meningkatkan awareness masyarakat terhadap AMMDes sebagai karya anak bangsa sekaligus untuk menggairahkan industri modifikasi nasional.

"Mengusung tema 'Born to Inspire', AMMDes Digimodz 2020 diharapkan menjadi saluran inspirasi bagi para desainer digital yang diharapkan memberikan kontribusi tepat guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pedesaan melalui desain modifikasi terbaik," ungkap Taufiek saat konferensi pers virtual, Jumat (4/9/2020).

Sementara itu, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika menyebut, setiap karya modifikasi digital AMMDes yang dikirim peserta nantinya wajib dijelaskan konsepnya.

"Termasuk mengenai informasi aplikasi konsep tersebut akan digunakan untuk apa, dan akan digunakan di daerah mana di Indonesia. Hal ini agar karya yang dibuat tepat guna dan sasaran," jelasnya.

Disebutkan, peserta Kemenperin AMMDes Digimodz dipersilakan untuk melakukan eksplorasi modifikasi digital mengacu pada dua aspek.

Pertama, mengenai styling, yakni perubahan desain tampak depan dan belakang AMMDes, perubahan warna, pelek, serta penambahan berbagai aksesori.

Kedua, terkait aplikasi, yakni penambahan aplikasi penunjang produktivitas masyarakat pedesaan.

Sekadar informasi, periode pengiriman karya kompetisi Kemenperin AMMDes Digimodz dimulai pada 4-28 September 2020.

Pemenang akan diumumkan saat penyelenggaraan Indonesia Modification Expo (IMX), Hybrid Event pada 10 Oktober 2020.

Kegiatan yang sepenuhnya dilakukan secara online ini memperebutkan total hadiah Rp 25 juta. Peserta yang ingin berpartisipasi cukup mengunduh formulir dan file gambar AMMDes pada laman www.ammdesdigimodz.com.

Desain digital AMMDes yang telah dibuat peserta, selanjutnya dikirim ke email ammdesdigimodz@gmail.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini