Sukses

Liburan Akhir Pekan dengan Motor, Jangan Lupa Periksa Lima Hal Ini

Menjadi kendaraan yang banyak digunakan saat ini, sepeda motor tak hanya dikendarai untuk menunjang aktivitas sehari-hari, namun juga liburan di akhir pekan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi kendaraan yang banyak digunakan saat ini, sepeda motor tak hanya dikendarai untuk menunjang aktivitas sehari-hari, namun juga untuk liburan di akhir pekan.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan berlibur dengan motor kesayangan. Berikut ulasannya seperti dilansir Federal Oil, Jumat (4/9/2020).

1. Cek Kondisi Mesin

Sebelum pergi berlibur sebaiknya lakukan pengecekan mesin motor terlebih dahulu. Bila perlu bawa ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya.

Pastikan tidak ada kompopnen yang rusak dan mesin dalam keadaan optimal. Jangan sampai saat liburan, kendaraan justru mogok di perjalanan.

2. Ganti Oli Mesin

Jika mesin sudah dipastikan aman, jangan lupa mengganti oli mesin motor agar performa kendaraan tetap maksimal.

3.Ganti Ban

Pastikan ban motor masih dalam keadaan layak digunakan. Jika kondisinya sudah terlihat gundul sebaiknya ganti dengan ban baru. Terlebih, jika tempat liburan jaraknya cukup jauh.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pastikan BBM Cukup

Agar perjalanan nyaman, pastikan bahan bakar terisi penuh. Jika lokasi tujuan jauh dan menuju daerah terpencil, jangan lupa membawa bensin cadangan.

5.Pakai Perlengkap Safety

Untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan selama berkendara, sebaiknya gunakan perlengkapan safety riding lengkap, mulai dari helm SNI, sarung tangan, jaket touring, sepatu riding, celana riding dan masker.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.