7 Aksesori Penting Ini Harus Selalu Ada di Mobil

Oleh Arief Aszhari pada 03 Sep 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 03 Sep 2020, 18:30 WIB
Aksesoris Penting Ini Harus Ada di Dalam Mobil (Suzuki Indonesia)
Perbesar
Aksesoris Penting Ini Harus Ada di Dalam Mobil (Suzuki Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Selain berbagai fitur yang sudah tersedia di mobil, salah satu penunjang kenyamanan saat berkendara adalah aksesori di dalamnya. Fungsi dari aksesori ada banyak, seperti membuat kendaraan lebih rapi meskipun membawa banyak barang atau menjamin keamanan mobil itu sendiri.

Di samping itu, beberapa aksesori yang biasanya dipasang di mobil juga akan bermanfaat untuk membantu selama di perjalanan. Bahkan, memang ada beberapa aksesori yang penting ada di dalam mobil. Berikut ini beragam aksesori yang dapat mendukung perjalanan, seperti melansir laman resmi Suzuki Indonesia:

1) Handphone dan Phone Holder

Saat berkendara, Anda dilarang mengoperasikan handphone. Meskipun demikian, Anda bisa menggunakan phone holder untuk meletakkan telepon genggam Anda ketika ingin menampilkan peta perjalanan. Alat ini membuat Anda mudah mengakses peta di handphone dan bisa tetap fokus mengemudi.

Letakkan phone holder pada tempat mudah dilihat dan membuat Anda tetap nyaman. Usahakan alat ini diletakkan di bagian kabin mobil yang strategis tanpa mengganggu pandangan. Namun, perlu diingat untuk tidak bermain handphone saat berkendara. Jika perlu, cobalah untuk menepi sebentar ke pinggir jalan.

2) Head Unit Android dan GPS

Mobil di masa sekarang telah banyak dilengkapi head unit Android. Jika Anda belum memilikinya atau head unit Anda merupakan versi lama, cobalah mengupgrade ke versi terbaru. Hal tersebut dilakukan agar fitur-fitur tersedia lebih lengkap dari sebelumnya. Sebab, pembaruan fitur biasanya cukup dibutuhkan.

Fitur utama yang ada di head unit yaitu fitur navigasi. Perangkat lunak seperti Google Maps dan Waze yang melengkapinya, dapat mendukung tampilan pemetaan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur navigasi berbasis Global Positioning System (GPS). Alat GPS cukup tepat menunjukkan arah dan posisi.

Harga GPS memang tidak terbilang murah. Akan tetapi, alat ini sangat berguna menampilkan peta lebih detail daripada menggunakan handphone. Apalagi jika pergi ke tempat yang kurang familiar, tentu dibutuhkan aksesori GPS agar bisa mengakses peta perjalanan ke tempat tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


3) Charger USB

Masih berkaitan dengan peralatan elektronik, aksesoris mobil selanjutnya yang perlu ada yakni charger USB. Saat ini tersedia banyak model perangkat charger USB. Usahakan pilihlah charger USB yang mempunyai lebih dari satu slot sehingga bisa digunakan untuk mengisi baterai beberapa device.

Harga alat pengisi daya ini bervariasi. Namun, sebaiknya Anda memilih charger yang bersifat fast charging. Dengan memilih model charger seperti ini, jalannya pengisian daya akan lebih cepat. Perangkat elektronik Anda pun cepat digunakan kembali.

4) Satu Paket Alat Kebersihan

Satu paket alat kebersihan terdiri dari tempat sampah mini, portable vacuum cleaner, dan purifier. Masing-masing berguna membuat mobil Anda selalu bersih..

5) Sepasang Alat Keamanan

Selain kebersihan, perlu juga memperhatikan keamanan mobil. Saat bepergian, tidak selamanya mobil berada dalam pantauan mata. Sepasang alat keamanan bisa dijadikan barang pelengkap mobil, seperti kamera mobil dan GPS tracker.


6) Organizer

Organizer atau disebut tempat untuk menata barang-barang di mobil. Perlengkapan ini tersedia mulai dari bentuk yang kecil tipis, kotak, dan besar. Model organizer yang kecil tipis digunakan untuk menyimpan kartu-kartu penting, seperti karcis parkir, kartu tol, dan sebagainya. Biasanya terletak di bagian sun visor.

Adapun yang berbentuk kotak berguna untuk menyimpan makanan ataupun camilan bawaan Anda. Biasanya ini terletak di bagian belakang kursi mobil. Sementara yang bentuknya paling besar, terletak di bagasi dan digunakan untuk menyimpan dongkrak, kunci mekanik penting, dan sebagainya.

7) Pompa Ban Elektrik

Ban bocor saat di jalan bisa menjadi satu kekesalan bagi Anda. Pasalnya, menikmati perjalanan harus terganggu dengan masalah teknis seperti itu. Apalagi jika Anda lupa membawa ban cadangan. Peralatan berupa pompa ban elektrik bisa menjadi solusi.

Teknologi saat ini telah tersedia pompa ban mini yang bersifat praktis sehingga mudah dibawa. Alat kecil seperti ini tentu tidak akan memenuhi bagasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya