Sukses

Cara Jitu Merawat Power Window Agar Tak Macet

Lebih mudah, hampir seluruh mobil yang dijual saat ini telah disematkan fitur power window. Hanya dengan menekan tombol, kaca mobil di bagian samping bisa turun dan naik dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Lebih mudah, hampir seluruh mobil yang dijual saat ini telah disematkan fitur power window. Hanya dengan menekan tombol, kaca mobil di bagian samping bisa turun dan naik dengan mudah.

Meski minim perawatan, fitur ini juga perlu dijaga agar tak macet secara mendadak. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan untuk menjaga power window tetap optimal. Berikut ulasannya seperti dilansir Suzuki Indonesia.

Gunakan Power Windows Seperlunya

Jangan menggunakan power window untuk hal yang tidak perlu. Hal ini berkaitan dengan usia komponen. Semakin sering kaca mobil digunakan, semakin cepat pula power window mengalami kerusakan.

Selain itu, jangan dengan sengaja menjadikan fitur ini sebagai mainan untuk menghibur buah hati di dalam kendaraan. Jika hal sering dilakukan, bukan tidak mungkin sekring mengalami kerusakan.

Berfungsi memutus aliran listrik untuk meminimalisir terjadinya korsleting, apabila sekring mengalami kerusakan, seluruh power yang ada tidak akan berfungsi.

Meski demikian, jangan juga membiarkan power windows tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika mobil hanya digunakan seorang diri, perlu diwaspadai power window bagian penumpang bisa mengalami macet.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersihkan Kaca Mobil Secara Berkala

Kaca mobil sangat rentan terkena kotoran, terlebih kotoran yang ada pada rel. Hal ini menjadi salah satu penyebab kaca macet, sehingga tidak bisa dinaik turunkan.

Karena itu, pemilik kendaraan sebaiknya membersihkan kaca secara berkala. Hal ini akan mencegah komponen pada power window tak mudah berkarat.

Caranya, bersihkan seluruh bagian kaca secara rutin minimal 1 minggu sekali. Gunakan silikon spray yang ada di pasaran. Namun, jika sebelum 1 minggu kaca mobil mengeluarkan bunyi ketika dinaikturunkan, itu tandanya rel kaca memiliki kotoran.

Penyemprotan sprayer pada kaca mobil dapat membersihkan semua kotoran yang menempel. Selain itu, sprayer juga berfungsi sebagai pelumas.

Jangan gunakan cairan yang bisa mengundang debu, atau berbahan dasar oil. Cairan semacam itu akan mengundang debu atau kotoran menempel.

Cairan atau sprayer yang biasa digunakan untuk membersihkan komponen-komponen elektronika juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil.

 

3 dari 3 halaman

Jaga Kondisi Karet Rel Kaca Tetap Lentur

Untuk mobil yang menggunakan karet pada rel kacanya, pastikan kondisi karet tetap baik, lentur dan tidak getas. Karet yang getas akan membuat kaca tersendat dan macet.

Untuk merawat komponen ini, gunakan shampo. Caranya, oleskan pada sekitar karet penjepit kaca, kemudian, gerakkan naik turun sampai sampo merata dengan sendirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.