Jangan Lupa, Sekarang Hari Terakhir Masa Dispensasi Perpanjangan SIM

Oleh Liputan6.com pada 31 Agu 2020, 07:45 WIB
Diperbarui 31 Agu 2020, 07:46 WIB
Ilustrasi SIM
Perbesar
Ilustrasi SIM | Via: liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Warga yang masa berlaku SIM-nya habis pada periode 17 Maret sampai 29 Mei 2020 mendapatkan dispensasi perpanjangan SIM dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Dispensasi perpanjangan SIM tersebut diberikan selama tiga bulan terhitung sejak 2 Juni hingga 31 Agustus 2020. Dengan begitu, hari ini, Senin (31/8/2020) merupakan masa akhir dispensasi perpanjangan SIM untuk periode di atas.

"(Masa dispensasi) mulai tanggal 2 Juni 2020 hingga 31 Agustus 2020, untuk masa berlaku SIM yang habis pada tanggal 17 Maret 2020 sampai 29 Mei 2020," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Selasa 9 Juni 2020.

Kebijakan tersebut diberikan untuk mencegah membeludaknya antrean warga yang ingin memperpanjang SIM. Hal itu seiring dengan penerapan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Yusri mengatakan ada tiga wilayah yang mendapatkan dispensasi perpanjangan SIM hingga 31 Agustus 2020. Wilayah tersebut mendapatkan dispensasi karena membeludaknya antrean pemohon perpanjangan SIM

"Polda yang diberikan dispensasi perpanjangan SIM adalah Polda Metro Jaya, Polda Kaltim, dan Polda Jatim khusus untuk Polrestabes Surabaya," ujarnya.

2 dari 4 halaman

Buat SIM Baru Jika Lewati Masa Dispensasi

Pemilik SIM yang mendapatkan dispensasi sebaiknya segera meluangkan waktu untuk memperpanjang. Apabila melewati masa dispensasi, maka pemohon wajib membuat SIM baru di Satpas terdekat.

Adapun syarat perpanjang SIM meliputi fotokopi KTP beserta KTP asli, fotokopi SIM lama dan aslinya, bukti cek kesehatan, dan mengisi formulir permohonan. 

Sumber: News Liputan6.com ditayangkan 31 Agu 2020, 05:30 WIB

Penulis: Nafiysul Qodar

3 dari 4 halaman

Cerita Konyol Foto Kursi Kosong pada SIM

Foto pemilik biasanya disematkan pada Surat Izin Mengemudi (SIM). Dengan demikian, petugas bisa dengan mudah mengidentifikasi pengendara yang membawa SIM tersebut.

Namun sebuah kesalahan terjadi di Amerika Serikat. Wanita di Tennessee malah mendapatkan SIM dengan foto kursi kosong. 

 

Dilansir Autoblog, awalnya perempuan bernama Jade Dodd baru saja memperbarui SIM-nya secara online. Ketika lisensi berkendara itu diterimanya, ia cukup terkejut karena foto malah berisi kursi kosong.

Mendapati hal itu, Jade Dodd langsung mengunjungi Departement of Motor Vehicle (DMV) dan menginformasikan kesalahan pada SIM miliknya.

Ternyata foto kursi kosong pada SIM itu merupakan foto terakhir yang diambil dan disimpan ke file Jade Dodd. Departemen Keamanan Dalam Negeri Tennessee kepada WKRN-TV mengatakan jika foto itu diambil secara tidak sengaja.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓