Sukses

Rantai Motor BMW Diklaim Bebas Perawatan, Ini Rahasianya

BMW Motorrad akan meluncurkan rantai M Endurance. Rantai ini diklaim tak akan menyusahkan pemiliknya soal perawatan.

Liputan6.com, Jakarta - [BMW ](https://www.liputan6.com/otomotif/read/4322579/deretan-moge-bmw-motorrad-model-2021 "")Motorrad akan meluncurkan rantai M Endurance. Rantai ini diklaim tak akan menyusahkan pemiliknya soal perawatan.

Rantai itu seperti rantai X-ring sebelumnya. Hanya saja menurut BMW, rantai M Endurance baru ini tak perlu perawatan.

Dilansir BMW Group, tak hanya memudahkan pengendara, tap juga baik untuk lingkungan karena pemilik tak perlu lagi memakai produk pembersih dan pelumasan untuk rantai baru ini. Rantai M-Endurace ini sudah dibekali dengan pelumas permanen di antara roller dan pin yang ditutup oleh X-Ring.

Selain tak perlu pelumasan, rantai ini juga disebut tak perlu pengencangan ulang dari waktu ke waktu karena keausan. Karena rantai ini menggunakan bahan pelapis baru untuk roller, yakni karbon amorf tetrahedral (ta-C) yang juga dikenal sebagai berlian industri. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karakter Rantai

Lapisan ini memiliki karakter yang dikenal keras dan tahan lama. Berbeda dengan permukaan logam. yang dipakai selama ini, lapisan dengan ta-C tidak luntur. Jenis pelapisan ini juga menawarkan koefisien gesekan yang sedikit.

Saat ini rantai M Endurance sudah ada untuk dua model 4 silinder, BMW S 1000 RR dan S 1000 XR. Rantai ini juga tersedia sebagai aksesori. Model terbaru BMW Motorrad nanti akan memakai jenis rantai ini.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Deretan Moge BMW Motorrad Model 2021

BMW Motorrad telah mempersiapkan produk model 2021. Calon produk anyar tersebut tidak hanya mendapatkan penyegaran dari sisi tampilan saja namun juga sisi teknis. 

Terdiri dari pilihan warna dan gaya baru, serta peralatan standar dan opsional yang ditingkatkan. Selain itu ada juga yang mendapat revisi, padahal unitnya baru diluncurkan tahun ini.

BMW R1250RS dan R1250R

Untuk R1200RS model 2021 sudah mengantongi standar Euro 5. Meski begitu, pihak pabrikan tidak mengubah semua komponen mesin boxer untuk mencapai sertifikasi. Hanya diberikan penyesuaian dengan regulasi yang berlaku di Eropa. Unit anyar nantinya diberikan frame berwarna hitam matte dan tersedia warna Austin Yellow. Sedangkan cat 'Option 719 Stardust' tidak lagi dijual.

 

Buat tahun depan, sistem ABS terpasang tidak bisa diganti. Kemudian opsi Driving Modes Pro telah direvisi, kini mencangkup kontrol torsi. Beberapa paket suku cadang juga mendapat ubahan dan telah disesuaikan dengan model yang baru. Termasuk silencer knalpot sport yang menggantikan versi 'HP'.

Saudara kandungnya R1250R juga mendapat perubahan sama. Tapi sekarang ia telah dilengkapi dengan rangka dan engine hitam, reverse assist, lampu belok adaptif, kontrol tekanan ban, dan DRL sebagai standar. Kini ia memiliki dua pilihan warna baru, yakni Mineral Grey metallic dan Pollux metallic matt. Kedua cat itu menggantikan Style Exclusive dan Option 719 Stardust metallic.

BMW K1600 Series (GT, GTL, B dan Grand America)

BMW Motorrad juga melakukan pembaruan pada model K1600 series. Keempat varian mendapat upgrade peralatan yang hampir identik. Semuanya kini memiliki rangka dan cover mesin berwarna hitam. Telah dilengkapi asisten standard reversing, adaptive cornering lights, TPMS dan DRL serta dan lampu adaptif baru. Mereka juga mendapat opsi Engine protection bars. Selain itu ada pula Shift Assistant Pro, keyless, kunci sentral dan alarm buat varian K1600B.

Keempat varian juga menampilkan opsi cat baru yang unik. Buat seri GT sekarang hanya ada Mineral White metallic. GTL diberikan Manhattan metallic, Style Elegance dan Option 719 Mineral White metallic. Varian B dan tipe Grand America hanya ada Mars Red metallic yang menggantikan peran Imperial Blue metallic.

BMW S1000RR

Supersport S1000RR kini telah mematuhi aturan emisi baru. Mesin yang sekarang sudah sesuai dengan regulasi Euro 5. Rincian tentang angka output daya dan torsi belum diumumkan, namun untuk model yang memakai standar emisi Euro 4 bisa menjadi referensi. Tercatat tenaga maksimalnya mencapai 200,8 Hp pada 13.500 rpm dan torsi 113 Nm di putaran 11.000 rpm. Daya itu berasal dari mesin 999 cc, empat silinder segaris, berpendingin cairan.

Terlepas dari peningkatan standar emisi ke Euro 5, model yang diperbarui ini juga mendapatkan opsi warna baru, seperti Black Storm metallic dan Racing Red non-metallic. Peralatan opsional dari model ini terdiri dari sistem knalpot M titanium, milled parts package, pelindung tuas kopling, pelindung tuas rem, tuas rem lipat, tuas kopling lipat, pelindung engine, sistem pijakan kaki pengendara kiri/kanan, rantai endurance, port pengisian USB dan pemutar GPS.

Baca Selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.