Sukses

Mengenal Perbedaan KTM Inul dengan KTM dari Austria

Nama KTM belakangan ini menjadi sorotan sejak kemenangan Brad Binder dan Miguel Oliviera di ajang MotoGP 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Nama KTM belakangan ini menjadi sorotan sejak kemenangan Brad Binder dan Miguel Oliviera di ajang MotoGP 2020.

Merek KTM sendiri masih terdengar asing di Indonesia. Dan bisa saja tertukar dengan motor KTM yang dipromosikan oleh Inul Daratista. Jelas KTM Austria dan KTM Inul memiliki banyak perbedaan, baik dari line-up produk hingga perusahaannya.

KTM Austria sebenarnya merupakan singkatan dari Kraftfahrzeug Trunkenpolz Mattighofen. Pabrikan ini berawal dari bengkel milik Hans Trunkenpolz dan menjual motor mulai tahun 1953. Sekarang, KTM didaftarkan sebagai singkatan dari Kronref & Trunkenpolz Mattighofen.

Sementara itu, KTM Inul memiliki nama resmi APPKTM. Ini merupakan singkatan dari Asia Putra Perkasa (APP) dan Kingtown Tian Ma. Pabrikan asal China ini sempat eksis di Indonesia pada tahun 1990-an. Pemasarannya pun cukup besar, bahkan menggandeng penyanyi dangdut Inul Daratista.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jajaran Produk

Untuk line-up, KTM Austria lebih condong ke arah motor sport, baik naked maupun full-fairing, serta off-road atau trail. Kubikasi produk yang dipasarkan pun relatif besar, bahkan hingga 1290 cc. Di Indonesia, produknya yang cukup terkenal ialah KTM Duke di kelas naked-bike dan sportbike andalannya, KTM RC, serta ada motor adventure, KTM Adventure.

Sedangkan KTM Inul atau APPKTM di Indonesia sempat memasarkan motor roda tiga bernama "Gajah". Tak hanya itu, mereka pun menghadirkan motor bebek bergaya Honda Supra dan skuter matic dengan desain mirip Yamaha Mio.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

KTM Siap Luncurkan Motor Sport Terbaru

Setelah resmi diperkenalkan di EICMA 2019 November lalu, KTM 890 Duke R siap memeriahkan pasar otomotif India pertengahan tahun 2021 mendatang.

Seperti dilansir Motorbeam, Jumat (3/4/2020), pabrikan motor asal Austria tersebut menjual Duke 790 untuk negeri film Bollywood saat ini. Namun, harganya yang mahal membuat motor naked tersebut tak mendapatkan banyak peminat.

 

Diimpor dalam jumlah terbatas, harga untuk Duke 790 mencapai Rs. 8,63 lakh atau setara dengan Rp188 juta.

Hadirnya KTM 890 Duke R di India kabarnya akan menggantikan Duke 790, karena tak ada penyegaran dari sisi dapur pacu terkait peraturan yang berlaku saat ini.

Memiliki mesin DOHC 890cc, paralel-kembar, berpendingin cairan, KTM 890 Duke R mampu menghasilkan tenaga hingga 121 Tk pada 9.250 rpm dan torsi 99 Nm pada 7750 rpm karena dikawinkan dengan gearbox 6-kecepatan.

Bergam fitur canggih juga disematkan pada motor, seperti traction control with lean angle sensitivity dan tiga mode berkendara, yakni optional track mode, Cornering ABS dan Supermoto mode.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.