Sukses

KTM 390 Adventure Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp119 juta

Masa pandemi tak menyurutkan niat PT. Penta Jaya Laju Motor untuk menghadirkan KTM 390 Adventure di Indonesia. Melalui digital launching, motor dengan platform KTM 450 Rally Dakar ini diklaim mampu diajak berpetualang.

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi tak menyurutkan niat PT. Penta Jaya Laju Motor untuk menghadirkan KTM 390 Adventure di Indonesia. Melalui digital launching, motor dengan platform KTM 450 Rally Dakar ini diklaim mampu diajak berpetualang.

Memiliki harga lebih terjangkau, KTM 390 Adventure berada di level middle setelah sukses dengan KTM 790 Adventure.

Mengusung desain long wheel dan ground clearance tinggi, pengendara diharapkan lebih nyaman saat harus berkendara jarak jauh. Bobotnya yang ringan, yakni 158 kg motor terbaru ini mampu melintasi jalan on road dan off road.

Serba full adjustable, jangkauan suspension travel mencapai 170 mm di bagian depan dan 177 mm di belakang.

Selain itu, merek asal Austria ini juga menyematkan first class Motorcycle Traction Control (MTC) system untuk stabilitas daya cengkram roda belakang saat open throttle pada kondisi jalan berpasir atau licin dan mengurangi gejala ban mengalami drift serta spin.

Menambah kenyamanan, pengendara KTM 390 Adventure bisa melakukan perpindahan gigi tanpa menekan tuas kopling di rpm tertentu (up atau down shift).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mesin

Dari sisi fitur, motor ini dilengkapi KTM Myride, yaitu koneksi Bluetooth untuk smartphone, hiburan atau musik, serta map navigasi. Terdapat juga TFT speedometer serta Full LED light pada bagian headlight dan indikator.

Masuk ke bagian dapur pacu, KTM 390 Advanture disematkan mesin DOHC single-cylinder, 4-katup, fuel injection , 6-percepatan yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 43 Tk dan torsi 37 Nm.

Tersedia warna putih dan orange, motor ini dibanderol dengan harga Rp119 juta on the road DKI Jakarta.

3 dari 3 halaman

Calon Motor Baru KTM Mulai Berani Menampakan Diri

Calon motor baru KTM mulai berani menampakan diri. Kabar terbaru, motor bergenre adventure itu tertangkap kamera melenggang di salah satu ruas jalan di India. Diduga kuat ialah sosok Adventure 250.  

Siluet di balik kamuflase tak mencirikan perbedaan bentuk dengan 390. Gurat-gurat bodinya persis. Paling tidak saat melihat fairing, buntut, sampai model handlebar, panel instrumen dan cover lampu. Rasanya bentuk mereka akan identik. Hanya dibedakan lewat corak grafis dan pewarnaan. Seperti yang dilakukan pada Duke maupun RC.

 

Dan tentu bakal jadi opsi menarik. Pasalnya seri 390 Adventure menuai banyak kritik dari media maupun para konsumen, sebab harganya mencapai 300.000 Rupee, atau jika dikonversi sekitar Rp 59 juta. Kita tahu, di India nominal segitu tak bisa dibilang murah – mengingat motor sudah diproduksi lokal – sekaligus kurang bersaing dengan rival sekelas.

KTM Adventure 250 bisa jadi solusi. Kalau berkaca ke diferensiasi harga Duke 390 dan 250, selisihnya mencapai 30 persen lebih. Karena itu bukan tak mungkin 250 Adventure dijual Rp 38 jutaan di kemudian hari. Terbilang kompetitif, apalagi punya wajah dan beberapa kemiripan teknologi.

Ya, tanpa perlu menunggu lama, apa yang dikandung keluarga Adventure baru sudah dapat diterka. KTM kerap mengeksploitasi basis Duke, diterjemahkan dalam banyak bentuk. Tak terkecuali motor satu ini. Paling memungkinkan ia mengadopsi penuh platform Duke 250, serta merta teknologi dan komponen kaki-kakinya.

Berarti memangku mesin 249 cc satu silinder DOHC bertenaga 30 Hp dan torsi 24 Nm. Dapur pacu itu dikenal memiliki torsi begitu melimpah, serta bisa digapai sejak putaran rendah. Pas buat karakter petualang dalam mengakomodir tenaga di medan dinamis. Belum lagi konsumsi bahan bakar diklaim 30,8 kpl, alias termasuk hemat di kelas 250 cc.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.