Sukses

Power Window Macet, Atasi dengan Cara Ini

Hampir semua mobil telah menggunakan power window untuk menutup dan membuka kaca kendaraan. Meski lebih mudah dioperasikan, fitur ini juga rentan mengalami kemacetan.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua mobil telah menggunakan power window untuk menutup dan membuka kaca kendaraan. Meski lebih mudah dioperasikan, fitur ini juga rentan mengalami kemacetan.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi power window macet, pemilik kendaraan harus memahami terlebih dulu penyebab hal ini terjadi. Berikut ulasannya seperti dilansir Suzuki Indonesia, Kamis (27/8/2020).

Switch atau Saklar Mengalami Kerusakan

Lebih rumit dari saklar lampu mobil, saklar pada power window berkaitan dengan tiga perintah yakni window down, window up dan juga off.

Seringnya digunakan, saklar bisa saja mengalami kemacetan secara tiba-tiba. Jika dibiarkan, saklar bisa benar-benar rusak dan tidak berfungsi sehingga kaca mobil tidak bisa digerakkan. Ketika hal ini terjadi, pemilik harus menggantinya dengan saklar baru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Motor Penggerak Sudah Aus

Mobil yang menggunakan elektrik power pasti menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya. Seperti motor listrik pada umumnya, motor listrik ini juga bisa mengalami kerusakan.

Brush atau sikat motor merupakan bagian yang sering mengalami kerusakan. Memiliki fungsi menyalurkan arus listrik dari sumber asalnya menuju rotor motor yang berputar, gesekan antara rotor dengan brush pasti akan terjadi.

Gesekan yang terjadi akan mengikis sikat motor. Brush akan menjadi aus dan penyaluran arus listrik tidak bisa dilakukan dengan baik. Akibatnya, motor akan macet dan kaca tidak bisa digerakkan.

Kerusakan ini bisanya hanya terjadi pada satu pintu. Dalam hal ini, pegemudi bisa mencoba untuk menaikkan dan menurunkan saklar dari sisi pengemudi. Jika kaca sama sekali tidak bergerak, berarti motornya yang mengalami kemacetan.

Namun, jika power window bisa digunakan dari sisi pengemudi, berarti saklarnya yang mengalami kerusakan. Solusinya, brush yang aus harus diganti.

 

3 dari 3 halaman

Rel Kaca Mobil Terlalu Kotor

Rel kaca mobil rentan terkena kotoran. Ketika rel terkena kotoran, hal tersebut dapat mengganggu pergerakan kaca mobil. Rel kaca yang terlalu kotor akan menimbulkan bunyi ketika kaca power window digunakan.

Apabila kotoran dibiarkan, kaca mobil akan mengalami kemacetan karena tertahan oleh kotoran. Cara mengatasi kaca mobil yang macet karena debu ialah dengan menyemprotkan silikon spray ke sela-sela rel kaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini