Canggih, Korea Selatan Sudah Gunakan SIM Digital

Oleh Liputan6.com pada 27 Agu 2020, 15:01 WIB
Diperbarui 27 Agu 2020, 15:01 WIB
Ilustrasi SIM
Perbesar
Ilustrasi SIM | Via: liputan6.com

Liputan6.com, Seoul - Indonesia sudah mengadopsi Surat Izin Mengemudi (SIM) pintar atau Smart SIM. Lisensi mengemudi ini punya banyak manfaat dan mempermudah petugas untuk melakukan proses identifikasi.

Selain itu, Smart SIM di Indonesia juga disebut bisa berfungsi sebagai e-Money. Sehingga bisa menjadi alat pembayaran seperti saat membayar tol.

Tapi rupanya masih ada yang lebih canggih dari hal itu. Dilansir Autoevolution, Korea Selatan baru saja meluncurkan aplikasi SIM digital. Aplikasi tersebut bahkan sudah dipakai setidaknya pada 1 juta perangkat.

SIM digital terintegrasi ke dalam aplikasi PASS yang diluncurkan Juli 2018 lalu. Fitur itu dilengkapi dengan alat khusus untuk memeriksa transaksi keuangan dari handphone.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Banyak Manfaat

Fitur SIM digital pada aplikasi itu adalah hasil kerja sama antara SK Telcom, KT, dan LG Uplus. Sejak diluncurkan pada Juni lalu, jumlah pengunduh aplikasi terus meningkat setiap pekannya.

SIM digital itu bisa dipakai untuk segala keperluan. Termasuk untuk verifikasi usia pada toko swalayan untuk keperluan pembelian barang seperti alkohol.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Upayakan Perbarui SIM Melalui Aplikasi

Operator juga bekerja sama dengan Badan Kepolisian Nasional Korea untuk menambahkan fitur yang lebih canggih. Yakni, memungkinkan penduduk bisa perpanjang SIM langsung dari dalam aplikasi.

Kini otoritas lokal disebut edang berupaya dan sedang mengerjakan fitur baru untuk memungkinkan aplikasi menggantikan SIM fisik sepenuhnya. Dengan begitu, SIM digital itu memungkinkan polisi untuk memverifikasi identitas pengemudi dan mengakses semua detail lain yang disimpan dalam aplikasi, sebagaimana lisensi standar.

Sumber: Otosia.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya