Sukses

Jadi Komponen Krusial, Begini Cara Merawat Baterai Mobil PHEV

Baterai menjadi salah satu komponen penting di mobil ramah lingkungan, seperti listrik, hybrid, dan plug-in hybrid

Liputan6.com, Jakarta - Baterai menjadi salah satu komponen penting di mobil ramah lingkungan, seperti listrik, hybrid, dan plug-in hybrid. Namun, masih banyak masyarakat yang asing dengan teknologi kendaraan rendah emisi ini, salah satunya bagaimana perawatan baterai.

Dijelaskan Boediarto, Head of After Sales Service Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), konsumen tidak perlu khawatir mengenai baterai Mitsubishi Outlander PHEV karena perawatannya cukup mudah.

Selain itu, baterai mobil ini juga bergaransi 100.000KM / 3 tahun, merujuk pada ketentuan yang tertera di service manual book.

Lebih lanjut Boediarto menyampaikan, Mitsubishi Outlander PHEV menggunakan baterai dengan tipe Li-ion, oleh karena itu untuk merawat baterai secara maksimal sebisa mungkin hindari memarkir kendaraan di lokasi dengan temperatur tinggi dan terkena sinar matahari langsung.

Dalam penggunaan sehari-hari juga disarankan untuk menjaga kapasitas baterai di persentase sedang, menghindari kondisi baterai kosong dan tidak disarankan untuk menyimpan kapasitas baterai dalam kondisi penuh dalam jangka waktu yang lama.

"Pengguna dapat memaksimalkan metode pengisian daya normal atau fasilitas home charging dengan arus listrik rendah, dan minimalisir penggunaan metode quick charging dengan arus tinggi kecuali diperlukan. Jika konsumen hanya dapat menggunakan metode quick charging, kami merekomendasikan untuk tetap menggunakan metode pengisian daya normal setidaknya sekali dalam dua minggu,” papar Boediarto, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Saksikan Video Piliha Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengisian cepat

Sementara itu, untuk mendukung kemudahan pengguna Mitsubishi Outlander PHEV dalam melakukan pengisian daya, saat ini MMKSI telah bekerja sama dengan diler resmi Mitsubishi Motors.

Selain itu, pabrikan berlambang tiga berlian ini juga bekerjasama dengan beberapa institusi di Indonesia menyediakan fasilitas pengisian daya cepat di 16 titik di wilayah Jabodetabek dan Bali, yang selanjutnya akan ditambah secara bertahap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.