Sukses

Ducati Recall Ratusan Streetfighter V4 dan V4 S karena Flywheel

Ducati North America secara resmi melakukan recall atau penarikan kembali 156 unit Streetfighter V4 dan V4 S di wilayah tersebut. Hal itu dilakukan karena adanya masalah pada flywheel.

Liputan6.com, Jakarta - Ducati North America secara resmi melakukan recall atau penarikan kembali 156 unit Streetfighter V4 dan V4 S di wilayah tersebut. Hal itu dilakukan karena adanya masalah pada flywheel.

Seperti dilansir Car and Bike, hadirnya mesin V-Twin 90 derajat diprediksi mengalami kerusakan apabila komponen bermasalah tak segera diperbaiki. Hal ini dapat menyebabkan selubung flywheel pecah dan oli bocor ke ruang bakar.

Apabila dibiarkan, potensi kecelakaan bisa saja terjadi. Untungnya, model terbaru Streetfighter V4 dan V4 S yang memiliki masalah belum mencapai dealer, meski sudah dikirim oleh pabrik.

Meski demikian, setiap dealer memberikan instruksi untuk memeriksa produksi pada flywheel dan melakukan pergantian bila diperlukan.

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengatakan, flywheel kemungkinan mengalami retakan sehingga rentan pecah.

Seperti Panigale V4 dan V4 S, motor naked ini juga tersedia dalam dua versi, yakni Streetfighter V4 dasar dan V4S.

Terkait jantung pacu, kedua varian tersebut ditenagai oleh mesin 1.103 cc, Desmosedici Stradale dari Panigale V4.

Dengan mesin tersebut, tenaga yang bisa dihasilkan motor ini mencapai 208 Tk pada 12.750 rpm, dan torsi 123 Nm pada 11.500 rpm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistem Pengereman

Pada Streetfighter V4, peta bahan bakar dan throttle telah diubah, karena disesuaikan dengan rasio penggerak yang lebih pendek.

Memiliki spesifikasi lebih tinggi, varian V4 S mendapatkan suspensi elektronik Ohlins, peredam kemudi Ohlins, dan pelek Marchesini yang ringan.

Selain itu, kedua varian mendapatkan kaliper Brembo Stylema Monobloc 330 mm dengan cakram kembar di bagian depan dan satu cakram 245 mm dengan kaliper dua piston di bagian belakang.

Sistem pengeremannya tersebut dibantu inertial measurement unit (IMU) 6 sumbu dan Ducati Cornering ABS EVO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini