Fantastis, Honda CBR1000RR-R Fireblade Tembus Rp 1 Miliar

Oleh Dian Tami Kosasih pada 19 Agu 2020, 17:04 WIB
Diperbarui 19 Agu 2020, 17:04 WIB
Honda CBR1000RR-R Fireblade
Perbesar
Honda CBR1000RR-R Fireblade

Liputan6.com, Jakarta - Menunjukan eksistensi di kelas motor besar, PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan Honda CBR1000RR-R Fireblade di Tanah Air.

Terinspirasi Honda RC213V MotoGP dan RC213V-S, Honda CBR1000RR-R Fireblade mengusung desain aerodinamis layaknya motor supersport.

”Kami menghadirkan Honda CBR1000RR-R Fireblade dengan kesempurnaan menyeluruh untuk para pecinta big bike di Indonesia, terutama pecinta kecepatan, karena kami menyadari terdapat konsumen yang menginginkan motor berfitur terbaik,” ujar Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma dalam keterangan resminya.

Menggunakan headlight full LED, motor ini diklaim mampu memberikan kesan futuristik. Terdapat winglet layaknya Honda RC213V, motor ini dinilai lebih stabil saat berakselerasi.

Tak hanya itu, DNA motor balap juga tercermin dari aplikasi Air-ram Duct (lubang udara) di bagian depan. Sasis utama Honda CBR1000RR-R Fireblade menggunakan bahan aluminium.

Jarak sumbu roda (wheelbase) dibuat lebih panjang, yakni 1.455 mm (sebelumnya 1.405 mm), demi kestabilan saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Semua informasi pada panel meter ditunjukkan dengan versi full digital dari layar TFT, bisa dipilih lima mode display sesuai selera dan kebutuhan pengendara.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mesin

Tak hanya desain, keunggulan yang ditonjolkan Honda CBR1000RR-R Fireblade ialah performa mesin.

Mengandalkan mesin 999,9 cc DOHC 4-silinder inline, tenaga maksimal yang bisa dihasilkan motor ini mencapai 214 Tk pada 14.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 113 Nm pada 12.500 rpm.

”Honda CBR1000RR-R Fireblade akan memberikan pengalaman berkendara tertinggi. Kehadirannya di Tanah Air didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium,” ujar Executive Vice President Director AHM Johannes Loman

Selain itu, motor ini juga disematkan camshaft dengan lapisan khusus. Memiliki sebutan Diamond Like Carbon (DLC), komponen ini diklaim mampu mengurangi friksi hingga 35 persen. Tersedia pula Connecting rods (conrod) dengan bahan titanium, sehingga lebih ringan 50 persen.

Motor ini juga disematkan sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis yang mampu mengukur posisi sepeda motor.

Peranti ini bekerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft), sehingga stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung lebih terjaga.

Memiliki tiga riding mode, masing-masing mode akan mengatur level untuk besaran tenaga (1-5), kontrol torsi HSTC (1-9), engine brake (1-3), wheelie control (1-3), dan suspensi (1-3).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Harga

Paket itu semakin lengkap dengan hadirnya fitur Wheelie Control yang mencegah Honda CBR1000RR-R Fireblade terangkat karena berakselerasi terlalu tinggi dan Rear Lift Control untuk ban belakang.

Fitur Assist & Slipper Clutch menjadi peranti standar, sehingga pengoperasian kopling dan efek ban terkunci saat terjadi engine brake karena pengurangan gigi tak akan terjadi.

Pada tipe SP, dibekali Quick Shifter yang membuat perpindahan gigi naik-turun semakin cepat.

Tersedia dua varian, Honda CBR1000RR-R Fireblade tipe STD dipasarkan dengan harga Rp 990 juta dan tipe SP Rp1,1 miliar, on the road Jakarta.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya