Sukses

Mudah, Begini Cara Ganti Busi Mobil di Rumah

Memiliki fungsi penting pada sebuah kendaraan, busi merupakan komponen pemantik api di dalam ruang pembakaran. Agar mobil dapat berjalan, maka campuran bensin dan udara akan dibakar oleh percikan api dari busi.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki fungsi penting pada sebuah kendaraan, busi merupakan komponen pemantik api di dalam ruang pembakaran. Agar mobil dapat berjalan, maka campuran bensin dan udara akan dibakar oleh percikan api dari busi.

Karena itu, busi sering kali diibaratkan sebagai jantung kendaraan. Jika jantung rusak, atau mati maka mobil tak lagi bisa digunakan. Maka, segera lakukan penggantian busi jika komponen ini mengalami kerusakan.

Apabila ingin melakukan penggantian sendiri di rumah, berikut panduannya seperti dilansir Suzuki Indonesia.

Mengetahui Tempat Busi

Cara pertama sebelum mengganti busi di rumah, ialah mengetahui letak komponen ini. Setiap mobil memiliki tempat busi yang berbeda, alangkah baiknya baca buku panduan mobil untuk mengetahui posisi busi pada kendaraan Anda.

Siapkan Peralatan

Setelah mengetahui posisi busi, langkah selanjutnya ialah menyiapkan peralatan yang diperlukan. Biasanya busi memiliki kunci pas sesuai standar bawaan mobil.

Terdapat tiga jenis kunci busi yang harus dibeli, pertama model ratchet, lalu kunci busi model T dan pipa umum yang biasanya disertakan sesuai toolkit standar bawaan mobil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melepas Busi

Langkah selanjut, melepas busi di mobil. Jangan lupa posisikan mobil pada keadaan aman, yaitu berada di jalan rata dan telah menggunakan rem tangan.

Setelah itu, lakukan pembongkaran busi dengan melepas kabel-kabel yang menempel pada busi.Selanjutnya, masukan kunci pas pada lubang busi, lalu longgarkan dan melepaskan busi mobil.

Meskipun melepas busi terlihat sepele, Anda harus tetap berhati-hati dalam melakukannya agar tak terjadi kesalahan.

 

 

3 dari 3 halaman

Memasang Busi Baru

Apabila sudah mencopot busi lama, maka Anda dapat menggantinya dengan yang baru. Lakukan pemasang secara tepat pada lubang kunci dan busi. Lakukan kegiatan ini dengan penuh kesabaran agar busi terpasang dengan tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.