Sukses

Beli Mobil untuk Keluarga, Ini yang Perlu Diperhatikan

Kenyamanan yang penting Anda rasakan ketika melakukan perjalanan bersama keluarga dengan MPV adalah menyoal suspensi yang nyaman dan kabin lapang.

Liputan6.com, Jakarta Ketika akan membeli mobil keluarga, hal yang harus dinomorsatukan adalah unsur kenyamanan dan keselamatan. Jika bicara tentang kenyamanan, salah satu mobil yang layak dibeli adalah tipe Multi Purpose Vehicle

(MPV). 

Ya, MPV menawarkan kapasitas tujuh hingga delapan penumpang, kabin yang luas dan mampu menampung satu keluarga. Nah, jika Anda adalah salah satu orang yang pertama kali akan membeli mobil keluarga, ada hal yang wajib diketahui dan pertimbangkan, yaitu: 

1. Kenyamanan

Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih kendaraan. Namun poin ini menjadi hal yang paling penting, terutama bagi Anda yang baru pertama kali beli mobil keluarga. 

Kenyamanan yang penting Anda rasakan ketika melakukan perjalanan bersama keluarga dengan MPV adalah menyoal suspensi yang nyaman dan kabin lapang. Bangku baris kedua menganut captain seat dan total MPV ini muat hingga 7 orang penumpang. Jika penumpang tidak mencapai jumlah tersebut, ada ruang bagasi dengan melipat jok baris ketiga. Komposisinya 40:60 masih lebih lega.

Selain itu, pilihlah kendaraan dengan sistem injeksi yang menggunakan teknologi MPI karena dipastikan akan memberikan performa maksimal.

Terkait kekedapan kabin yang mampu meredam suara dari luar, suara ban, dan suara mesin juga menjadi pertimbangan yang tepat sebelum membeli mobil. Pastikan juga Anda kendaraan yang mendesain jok empuk dengan material pelapis kulit imitasi tipis serta menggunakan fabric.

Kenyamanan berkendara yang menambah kualitas MPV berkaitan dengan pendingin ruangan dari AC double blower dengan embusan merata. Oleh karena itu pilihlah kendaraan yang memberikan kenyamanan bukan hanya bagi penumpang, tapi juga pengemudi. 

2. Keselamatan

Sebelum sebuah mobil resmi dipasarkan dan dipakai oleh penggunanya di jalan raya, sudah menjadi kewajiban produsen untuk melengkapi kendaraan tersebut dengan fitur keselamatan yang memadai.

Nah mulailah memilih MPV yang memiliki desain kaca depn lebar, sehingga visibilitas pengemudi menjadi jelas dan memberikan kesan leluasa. Tak hanya itu saja, ada hal penting lain yang wajib jadi pertimbangan sebelum beli mobil keluarga, yaitu adanya Dual SRS Front Airbag pada dua jok depan dan sabuk pengaman pada semua kursi, untuk memberikan perlindungan maksimal ketika terjadi kecelakaan.

Bagi pengemudi, pilihkan MPV yang mendesain fleksibilitas pengaturan setir. Misalnya adanya pengaturan tilt naik-turun, sehingga menemukan posisi duduk yang ergonomis dan tak terasa terlalu sulit ketika Anda berkendara. Maka dari itu, pastikan Anda sudah tahu betul, fitur keselamatan apa saja yang disematkan di kendaraan. Misalnya apakah mobil yang siap Anda bawa pulang memiliki airbag bagi penumpang dan pengemudi, sampai child safety locks di MPV tersebut. 

3. Teknologi

Ada baiknya Anda memilih MPV untuk mobil keluarga yang dilengkapi dengan teknologi mumpuni. Jika Anda gunakan untuk bepergian jarak jauh, pilihkan mobil yang dilengkapi dengan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS). 

Itu adalah fitur berteknologi yang memungkinkan pengemudi memantau tekanan angin pada roda di layar MID. Jadi Anda tak perlu repot-repot mengecek ban secara manual. Praktis bukan? Pilih juga MPV yang menawarkan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD). Teknologi itu hadir sebagai salah satu upaya pencegahan ban selip dan memberikan kualitas pengereman yang lebih sempurna.

Nah ketiga hal itu wajib menjadi pertimbangan Anda sebelum beli mobil keluarga. Ada salah satu MPV yang direkomendasikan, yaitu Wuling Confero S. 

Mobil yang diproduksi oleh PT SGMW ini merupakan jenis mobil low MPV, dilengkapi desain mewah, fitur, canggih, namun dibanderol dengan harga yang sangat kompetitif. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Tahun Wuling Confero

Pada 11 Juli 2017, Wuling Motors resmi memperkenalkan Wuling Confero S yang dirancang khusus untuk menemani dan memberikan kenyamanan perjalanan Anda dan keluarga.  

Kehadiran Wuling Confero S ternyata menarik minat banyak keluarga di Tanah Air. Buktinya pada April 2020, Wuling Confero S terjual sampai 26.550 unit. 

Nah alasan mengapa Wuling Confero S layak dijadikan mobil keluarga karena memiliki kabin luas berkapasitas penumpang 7-8 orang. Dari segi keamanan, Wuling Confero S dilengkapi dengan sistem keamanan lengkap, mulai dari sistem pengereman berteknologi ABS dan EBD. 

Ini adalah sistem teknologi pengereman yang banyak digunakan sejumlah mobil mobil canggih. Jadi, ketika memilih mobil ini, bukan hanya Anda saja sebagai pengemudi tapi keluarga yang menjadi penumpang bakal merasa lebih aman dan nyaman. 

Menariknya, Wuling menerapkan garansi mesin selama tiga tahun atau setara dengan 100 ribu kilometer. Ada juga garansi eksklusif komponen transmisi selama lima tahun atau 100rb kilometer. 

Tak hanya itu saja, selama tiga tahun hadir di Indonesia, Wuling terus berinovasi dengan menghadirkan varian terbaru, yaitu Wuling Confero S ACT (Auto Clutch Transmission) yang menggunakan transmisi e-clutch. 

Mekanisme ATC sama dengan transmisi manual namun tidak memiliki pedal kopling. Dengan transmisi e-clutch yang dikembangkan Schaeffler asal Jerman, maka perawatan lebih efisien. 

Review Para Pengguna Wuling Confero S

Di usianya yang memasuki tahun ketiga ini, Wuling Confero S banyak digunakan bukan hanya untuk traveling keluarga saja. Tapi juga untuk berbisnis. 

Suprihatin asal Lampung misalnya yang menggunakan Wuling Confero S sejak 2018. Alasan Suprihatin memilih Wuling Confero S karena memiliki body yang kekar dan harga terjangkau. 

"Setelah satu tahun pemakaian, tidak ada masalah di mesin. Sehari-hari saya punya usaha antar jemput dan rata-rata sehari perjalanan sekitar 400km dan sekarang sudah mencapai 119ribu km. Untuk pemakaian secara keseluruhan masih bagus," jelas Suprihatin. 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wiyono asal Pekanbaru. Wuling Confero S diandalkannya sebagai kendaraan harian sebagai penyedia layanan jasa antar kota dari Rokanhulu ke Pekanbaru. 

"Menurut penumpang kami, lega di dalam dan sangat nyaman bagi penumpang. Saya percaya Wuling ini sangat unggul, mulai dari bahan bakar dan interior sangat mantap dibandingkan kendaraan lain," jelas Wiyono. 

Ya, Wuling yang berasal dari Tiongkok selama 50 tahun ini ternyata dipercaya oleh salah satu penggunanya, Wiyono. Pengalamannya menggunakan Wuling diakuinya sangat menyenangkan. 

"Interior lega dan nyaman, AC dingin. Saya pengguna Wuling mulai dari 2018 dan sampai saat ini sudah sampai 119 ribu km dan tidak ada kendala berarti dan saya pribadi puas menggunakan Wuling," aku Wiyono. 

Mau tahu informasi lebih lengkap tentang Wuling Confero S? Klik di sini. Pelajari juga lebih lanjut tentang Wuling Confero S ACT di sini.

 

 

(*)

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.