Sukses

Menghindari Bensin Basi Karena Kendaraan Tidak Pernah Digunakan

Sampai saat ini, masih ada sebagian masyarakat yang melakukan aktivitasnya dari rumah alias work form home. Tak heran bila akhirnya keluar istilah bensin basi karena kendaraan kelamaan tidak digunakan.

Liputan6.com, Jakarta Sampai saat ini, masih ada sebagian masyarakat yang melakukan aktivitasnya dari rumah alias work form home. Pandemi Covid-19 membuat pergerakan dibatasi, termasuk kendaraan kita. Tak heran bila akhirnya keluar istilah bensin basi karena kelamaan tidak terpakai.

Istilah bensin basi sebenarnya merujuk pada penurunan kualitas bahan bakar. Masa kadaluarsa sendiri tak pasti. Paling umum dua sampai tiga bulan. Namun, ada pula yang sampai setahun.

Faktornya bukan hanya dari bahan bakar, tapi juga eksternal yang diberlakukan pemilik kendaraan. Seperti memarkir mobil di tempat terik, tutup tangki yang kurang rapat atau rusak dan sebagainya. Hal ini bisa juga bikn bensin basi.

Degradasi mutu terjadi akibat perubahan unsur kimia. Air bisa saja tercampur, apalagi ketika tangki tak diisi penuh. Saat malam hari atau cuaca tengah sejuk, kondisi ini menyebabkan pengembunan atau kondensasi. Kita tahu air adalah musuh terbesar jantung mekanis, tidak cuma membuatnya tak menyala, tapi juga merusak. Itu alasan anjuran mengisi penuh tangki bahan bakar kalau hendak memarkir mobil jangka lama. Tercampur air, bikin bensin basi.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menimbulkan Sedimen

Efek lain bensin yang lama tak digunakan adalah terciptanya sedimen. Bensin yang diam lama dapat mengalami penguapan atau terkontaminasi dengan logam di dalam. Dari sini, muncul kerak dalam tangki, yang berubah jadi sedimen atau endapan.

Mobil mungkin masih bisa menyala, tapi bila sampai kotoran itu tersedot pompa, kemungkinan dapat menyumbat sistem pembakaran atau injektor. Kalau sudah begini, perlu ada pembersihan komponen komprehensif yang memakan biaya lebih banyak.

Maka perlu berhati-hati. Pastikan saat parkir mobil dalam durasi lama, mengisi tangki sampai penuh. Dan jangan lupa rajin melakukan pemanasan. Setidaknya sekali dalam dua atau tiga hari. 

 

3 dari 3 halaman

Ciri Lain Bensin Basi

Namun, bila terlanjur membiarkan bensin terdiam di tangki, cobalah untuk melakukan pemeriksaan sebelum menyalakan dapur pacu. Caranya cukup mudah.

Siapkan pompa siphon dan dua wadah transparan. Satu untuk yang lama, satu untuk baru. Buka tutup tangki, kemudian masukan selang pompa yang telah dihubungkan ke penampung. Sedot secukupnya dan biarkan selama beberapa menit. Sampai bensin stabil. Kemudian bandingkan keduanya. Bahan bakar yang baik harus terlihat jernih, tak ada residu. Bila ada lapisan kontras atau endapan, dipastikan sudah basi.

Mencium aromanya juga bisa dilakukan. Jika tercium seperti pernis yang tajam bukan bau khas bensin, ini menandakan kondisinya tak layak pakai. Segera lakukan penyedotan menyeluruh atau sebanyak mungkin. Bila tak yakin, panggil teknisi dari bengkel resmi untuk membantu. Setelah itu tuangkan yang baru dan nyalakan mesin. Diamkan beberapa saat untuk membakar sisa bensin basi tadi.

Sumber: Oto.com (Hfd/Tom)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.