Sukses

Berkendara Motor Pakai Helm Fullface, Apa Masih Perlu Masker?

Mengenakan helm fullface saat mengendarai sepeda motor memang lebih aman. Namun saat pandemi seperti saat ini apa tetap harus mengenakan masker?

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara motor di era normal tidak hanya cukup menggunakan helm, jaket, sarung tangan dan juga sepatu. Pasalnya, harus ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi dengan membawa hand sanitizer dan juga masker.

Namun, bagi banyak pengendara, ada yang menilai jika masker digunakan untuk pengguna helm half face. Sedangkan yang memakai helm full face sudah tidak perlu menggunakan penutup mulut dan hidung tersebut.

Dijelaskan Johannes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), meskipun sudah menggunakan helm full face tetap disarankan juga memakai masker.

"Tetap pakai, dan tidak langsung menutup mulut" jelas Johannes di acara Ngovid bersama Forwot dan AHM, belum lama ini.

Namun beda halnya jika berkendara off-road yang membutuhkan tenaga ekstra. Jika tetap menggunakan masker, maka akan mengganggu sistem pernapasan bahkan sampai kehilangan nafas karena kurangnya oksigen yang dihirup.

"Beberapa dokter juga bilang boleh dilepas. Tapi paling penting, saat melepas masker pastikan tidak ada orang di sekeliling kita dan benar-benar aman kita sendirian saja. Jangan sampai memang penggunaan masker ini malah berbahaya untuk kita," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Helm

Selain itu, berbicara soal berkendara di tengah pandemi, bagi pengguna motor sebaiknya tetap menggunakan helm full face, karena itu yang paling baik. Tapi, jika adanya hanya helm half face, ya tidak masalah juga.

"Paling penting helm ada visornya, karena supaya kita tidak sembarangan juga mengelap area sekitar wajah," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini