Sukses

Penting Sebelum Membeli, Begini Cara Mudah Mengecek Kondisi Motor Bekas

Masih memiliki banyak peminat, motor bekas menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan kendaraan dengan harga lebih terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta - Masih memiliki banyak peminat, motor bekas menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan kendaraan dengan harga lebih terjangkau.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli kendaraan bekas. Jangan sampai motor yang dibeli justru mengalami kerusakan dan merugikan pemilik barunya.

Dilansir Wahana Honda, terdapat lima hal penting yang harus diperhatikan saat hendak membeli motor bekas. Berikut ulasannya.

1. Mengecek Kelistrikan

Tips pertama yang harus diperhatikan ialah mengecek kualitas kelistrikan pada motor. Anda bisa mengecek apakah kendaraan masih prima atau tidak dengan cara mencoba semua part yang membutuhkan listrik, seperti klakson, sein, dan electric starter.

Tak lupa juga periksa kondisi aki (accu) pada motor. Jika Anda menemukan serbuk putih di kutub battery-nya, maka aki tersebut sudah lemah dan butuh diganti dengan unit baru.

2. Cek Oli pada Mesin

Saat pertama kali memilih motor bekas, ada baiknya jika mengecek bagian pengisian oli sebelum dinyalakan.

Hal itu dikarenakan dealer motor bekas yang curang akan mengisi motor agar suara mesin terdengar lebih halus. Oleh karena itu Anda harus mengecek apakah oli mesin diberikan secara berlebihan atau tidak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Melihat Servis Rutin Motor

Melihat servis rutin motor yang akan dibeli adalah hal yang wajib. Terlebih kilometer motor yang akan dibeli sudah di angka puluhan ribu. Idealnya setiap 2.000 km pemilik melakukan servis motor.

Sejatinya memilih kilometer yang paling rendah adalah salah satu cara paling mudah untuk menentukan motor bekas yang baik. Semakin rendah kilometer yang dilalui semakin tinggi pula harganya.

 

3 dari 3 halaman

4. Menggunakan Sparepart Original

Motor bekas juga rawan akan kecerobohan pengguna sebelumnya yang menggunakan sparepart seadanya. Ini bisa menjadi pertimbangan saat memilih motor bekas.

5. Minta Waktu untuk Uji Jalan

Selain itu memastikan kesehatan sebuah motor bekas bisa dilakukan dengan meminta uji jalan. Pastikan kendaraan yang digunakan aman dikendarai, dan alat kendali seperti setang motor dan bodi tak ada kendala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.