Sukses

Mengenal Sosok Toyota Raum, MPV yang Pernah Berjaya di Masanya

Toyota Avanza memang terdengar sangat familiar di telinga orang Indonesia. Namun, Toyota rupanya memiliki MPV yang tak kalah keren.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Avanza memang terdengar sangat familiar di telinga orang Indonesia. Namun, Toyota rupanya memiliki MPV yang tak kalah keren.

Inilah Toyota Raum, mobil small MPV yang dulu pernah populer di Jepang. Bahkan tahun 2003 lalu, menurut beforward.jp, mobil ini sempat menyabet gelar Japan Good Design Award. Itu gara-gara desain Raum yang nyaman dan ergonomis untuk mobil keluarga.

Dalam Bahasa Jerman, Raum berarti ruang atau area yang luas sehingga mampu menampung banyak benda. Makanya, desain mobil pun dibikin unik atau sesuai Bahasa Jepang disebut 'An-Raku-Tan' yang artinya keterjangkauan, keamanan, kemudahan penggunaan, dan kesederhanaan.

Dengan mesin berkapasitas 1,5 liter 4-silinder, Toyota Raum tercatat memiliki konsumsi bahan bakar hingga 11 liter/100 Km. Uniknya lagi, di pasaran tersedia dua tipe penggerak yaitu front wheel drive dan all wheel drive.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terlihat Kuno

Sisi eksterior Raum untuk era sekarang tentu saja terlihat kuno. Namun mobil seperti ini masih banyak peminatnya di Indonesia. Bagian unik dan tak asing ada pada kaca baris terakhir. Bentuknya yang terpisah mengingatkan pada model SUV Fortuner atau Toyota Rush dengan ban serep konde.

Fitur yang paling menarik dari mobil ini adalah pintu baris kedua yang mirip dengan Toyota Sienta. Ya, sliding door.

3 dari 3 halaman

Tak Ada Pilar B

Pintu depannya masih sama seperti mobil pada umumnya. Tapi ketika pintu semua dibuka, akomodasi mobil ini nampak super luas! Hal itu karena pilar B yang absen sehingga tidak menghalangi penumpang atau barang masuk ke mobil.

Meski begitu menyenangkan, Toyota Raum nyatanya tidak mampu bertahan lama. Meluncur di tahun 2003, Raum harus berhenti produksi pada 2011.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.