Sukses

Antisipasi Macet Libur Panjang Idul Adha, Ini Skenario Lalu Lintasnya

Mengantisipasi prediksi lonjakan volume kendaraan pada hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah membuat skenario lalu lintas

Liputan6.com, Jakarta - Mengantisipasi prediksi lonjakan volume kendaraan pada hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah membuat skenario lalu lintas.

Strategi untuk mengurai kepadatan volume kendaraan ini, dengan cara contraflow dan one way di ruas jalan tol.

"Kemudian kalau ada kecelakaan yang mengakibatkan tertutupnya jalan tol elevated, maka skenario kedua kita akan coba nanti laksanakan contraflow," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yoga, seperti dikutip laman resmi NTMC Polri, Kamis (30/7).

Lanjut Sambodo, pihak kepolisian juga akan memberlakukan skenario lalu lintas satu atau one way, jika contraflow tidak berjalan baik saat mengatasi kepadatan lalu lintas.

Sementara itu, skenario lalu lintas ini juga akan dikoordinasikan dengan Korps Lalu Lintas Polri. Pasalnya, skenario lalu lintas ini akan diberlakukan di ruas jalan perbatasan Banten dan Jawa Barat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koordinasi

"Apakah dengan Polda Jawa Barat kalau ke arah Bogor ke Karawang. Atau Polda Banten kali ini ke arah Tangerang, tetapi intinya kita siap," tegasnya.

Pihak kepolisian juga telah koordinasi dengan Jasa Marga, untuk dapat melakukan buka tutup rest area di ruas jalan tol guna mengurangi kepadatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.