Sukses

Agar Tetap Elegan, Mobil Berwarna Gelap Perlu Perawatan Ekstra

Mobil berwarna gelap, seperti hitam atau biru tua masih cukup menjadi pilihan konsumen di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil berwarna gelap, seperti hitam atau biru tua masih cukup menjadi pilihan konsumen di Indonesia. Alasannya sederhana, selain termasuk warna netral juga tidak membosankan, dan jika mengkilap memberikan kesan mewah.

Namun, mobil berwarna gelap diperlukan perawatan ekstra. Pasalnya, kendaraan berkelir gelap dan mengkilap cenderung reflektif dalam mengekspos kotoran, debu, serta baret yang mudah tampak di permukaan bodi mobil.

Lalu, bagaimana cara perawatan yang ideal untuk mobil berwarna gelap?

"Waktu ideal untuk mencuci mobil adalah saat pagi atau malam hari. Karena ketika masih ada tetesan air di permukaan bodi lalu menguap kena panas matahari. Biasanya mobil berwarna gelap mudah mengekspos jamur semacam noda putih," urai Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (28/7/2020).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lap Microfiber

Ketika kendaraan dicuci menjelang siang atau sore hari, setelah mobil diberi sabun dan di lap harus segera dibilas dengan air bersih. Setelah itu, dengan segera sisa air yang masih melekat dikeringkan dengan segera.

Agar tidak baret, gunakan lap microfiber dan lakukan proses menyeka atau mengelap dengan gerakan searah.

Tidak perlu panik, pemilik dapat melakukan perawatan untuk mengembalikan warnanya. Di pasaran terdapat banyak pilihan paket car detailing yang spesial khusus untuk mengangkat warna mulai pudar.

 

3 dari 3 halaman

Khusus Warna Gelap

Agar tidak salah pilih, sebaiknya cari produk car detailing khusus untuk warna gelap yang punya formulasi untuk mengangkat kembali kualitas warna aslinya. "Namun juga pastikan formulasi tersebut bersahabat dengan komponen aksesori lain, terutama berbahan plastik berwarna hitam yang menempel pada bodi, seperti karet wiper, karet kaca, lis bodi dan bumper," tambah Samsudin.

Produk car detailing umumnya mampu memberikan pigmen hitam yang sangat kecil, dan mampu jua untuk masuk ke dalam pori-pori cat untuk kembali menghasilkan warna hitam yang pekat. Ada juga yang bisa mengangkat noda membandel akibat oksidasi ringan, juga menutup baret-baret halus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.