Ini Perbedaan Kode Snell, DOT dan SNI Pada Helm

Oleh Dian Tami Kosasih pada 27 Jul 2020, 13:34 WIB
Diperbarui 27 Jul 2020, 14:00 WIB
Arai
Perbesar
Ragam helm Arai untuk motor dan mobil. (Septian/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi piranti keselamatan berkendara, helm wajib digunakan pengendara motor saat memacu kendaraannya di jalan. Selain logo Standart Nasional Indonesia (SNI), beberapa helm yang dijual di Indonesia juga memiliki logo Snell dan Department of Transportation ( DOT).

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting atau JDDC, Jusri Pulubuhu menjelaskan, Snell dan DOT merupakan standarisasi helm tersebut layak digunakan atau tidak.

"Snell, DOT dan SNI adalah satu ketentuan lolosnya helm tersebut dari sertifikasi yang diajurkan negara-negara tertentu. Untuk DOT semua rata-rata helm yang masuk ke Amerika memiliki ini," katanya kepada Liputan6.com, Senin (27/7/2020).

Berbeda dengan DOT, Snell dikeluarkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bernama Snell Memorial Foundation (SMF).

"DOT, Snell itu hampir seluruh dunia mengacu pada mereka. Jadi helm yang sudah lolos Snell dan DOT di beberapa negara tak perlu lolos sertifikasi lagi, karena memang institusi yang mengeluarkan sudah sangat kredibel," ujar Jusri.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Harus Ada Logo SNI

Untuk Indonesia, Jusri menegaskan helm yang dijual juga harus lolos uji SNI meski telah mengantongi sertifikat Snell dan DOT. Apabila tak memiliki logo SNI, polisi berhak melakukan tilang.

"Kecuali di Indonesia, ada tambahan sertifikasi walaupun sudah ada serfikasi Snell dan DOT. Helm harus pakai SNI karena bisa kena denda," tuturnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kerjasama

Hal ini membuat beberapa perusahaan helm dunia harus melakukan kerjasama dengan produsen lokal untuk mendapatkan logo SNI.

"Perusahaan helm harus bekerjasama dengan produsen di Indonesia agar helm mereka bisa diakui sertifikasi SNI. Legalitasnya harus ada SNI kalau dijual di indonesia," tutupnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓