Sukses

Electric Brands eBussy, Mobil Listrik Mungil Nan Lucu dari Jerman

Satu per satu produk mobil listrik bermunculan. Bahkan bukan dari pabrikan besar. Seperti produk Electric Brands eBussy.

Liputan6.com, Jakarta Satu per satu produk mobil listrik bermunculan. Bahkan bukan dari pabrikan besar. Seperti produk Electric Brands eBussy.

Perusahaan rintisan asal Jerman tersebut akan memproduksi karyanya pada tahun depan. Konsep mobil listrik ini sungguh menarik. Bentuknya seperti mobil-mobil dalam film kartun yang kontemporer.

Tapi bukan itu saja, desain eBussy dibuat secara modular. Kalau Anda melihat sebagai minivan, bisa jadi pada saat berikutnya mobil akan berubah menjadi truk tripper. Tergantung keinginan, bisa juga jadi pikap di saat berikutnya.

Dilansir Carscoops, Electric Brands eBussy punya 10 gaya bodi berbeda. Selain soal bentuk bodi, mobil listrik ini juga bisa dengan mudah memindahkan posisi setir. Mau sistem kemudi kanan bisa, kiri ataupun tengah dalam waktu cepat juga bukan sebuah keniscayaan. Roda kemudi bisa digeser kiri-kanan di dasbor.

Penempatan roda kemudi sangat dimungkinkan karena eBussy menggunakan teknologi drive by wire. Artinya memang roda kemudi tidak terhubung secara mekanikal langsung ke roda. Semua model eBussy hadir dengan paket baterai kecil 10 kWh yang tampaknya cukup untuk jangkauan 200 km. Namun, baterai 30 kWh opsional tersedia, meningkatkan jangkauan hingga 600 km.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bodi Ringan VS Torsi Besar

Penggerak roda adalah motor listrik in-hub yang menghasilkan hanya 20 Tk, pada saat yang sama, torsinya sangat mengesankan 1.000 Nm.

Sekalipun tenaganya kecil, toh eBussy hanya memiliki berat antara 450 kg dan 600 kg tergantung pada tubuh. Tidak mengherankan, kendaraan ini difokuskan terutama pada penggunaan perkotaan.

Semua gaya tubuh eBussy dilengkapi dengan panel surya di atap. Sistem rem menerapkan teknologi regeneratif. Energi pengereman dikonversi kembali untuk menghasilkan daya listrik.

3 dari 3 halaman

Prediksi Harga

EBussy model dasar diproyeksikan akan dijual dengan harga hanya 15.800 Euro atau sekitar Rp270 juta. Harga tentu berbeda-beda tergantung pada gaya tubuh yang dipilih dan apakah atau tidak kendaraan pilihan keluar dalam kedok off-road. Varian paling mahal adalah eBussy ‘Offroad Camper’ dengan harga € 28.800 atau sekitar Rp490 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.