Sukses

Mulai Dilirik Motor Sport 250 Cc, Ini Kelebihan Fitur Quick Shifter

Salah satu fitur yang ramai dilirik motor sport 250cc saat ini adalah quick shifter.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur yang ramai dilirik motor sport 250cc saat ini adalah quick shifter. Teknologi ini biasanya terpasang pada motor gede (moge), tapi kini juga disematkan di sportbike 250 cc, yaitu Kawasaki Ninja ZX-25R dan Honda CBR250RR SP.

Bahkan, telah banyak perusahaan aftermarket yang menjual quick shifter secara terpisah.

Lantas, apa fungsi quick shifter? Bagaimana cara kerjanya?

Untuk memindah gear di motor manual, ada beberapa tahap, yakni menurunkan gas, menekan tuas kopling, memasukkan gear, melepas tuas kopling, dan kembali membuka gas.

Sebenarnya proses itu bisa dilakukan dengan sangat cepat. Namun, untuk menyelesaikannya membutuhkan waktu dan usaha.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsi Quick Shifter

Mengutip dari Lifeatlean.com, kehadiran quick shifter mampu mempersingkat proses perpindahan gear. Pasalnya, ada beberapa proses yang dilakukan oleh komputer. 

Secara sederhana, saat melakukan perpindahan gear, quick shifter akan secara otomatis menurunkan gas dengan beberapa cara, seperti mematikan mesin atau pun menghentikan suplai bahan bakar.

 

3 dari 3 halaman

Terhubung ECU

Setelah itu, kampas kopling dapat berpindah dengan aman. Sistem ini juga memungkinkan pengendara tetap membuka gas ketika mengoper gear.

Sistem ini melibatkan beberapa sensor serta komputer yang langsung terhubung ke ECU atau otak motor bersistem pengabutan injeksi. Karena itu, quick shifter biasanya digunakan pada motor balap dan moge.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.