Sukses

5 Pabrikan Otomotif yang Punya Utang Sangat Besar

Utang piutang menjadi hal yang wajar dalam berbisnis. Siapa yang pintar mengelola keuangannya akan terhindar dari utang besar. Berikut 5 produsen mobil dunia dengan utang terbesar.

Liputan6.com, Jakarta - Meminjam uang atau utang seperti menjadi hal yang biasa di dunia bisnis. Bahkan, sebuah negara juga ada yang memiliki utang bahkan dalam jumlah yang sangat besar.

Begitu juga yang terjadi di industri otmotif dunia. Banyak perusahaan pembuat mobil yang ternyata untuk mencapai kesuksesan tertentu, harus meminjang uang dengan jumlah yang luar biasa.

Melansir Carscoops, lima besar pembuat mobil yang memiliki utang adalah Volkswagen (VW), Daimler, Toyota, Ford, dan BMW.

Dalam sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan terhadap 900 perusahaan terkemuka di dunia, ternyata 10 besar perusahaan yang memiliki utang besar, lima di antaranya adalah jenama otomotif.

VW sendiri sebagai pemuncak klasemen, disebut memiliki utang sebesar US$192 miliar atau setara dengan Rp2800 triliun. Bahkan, jumlah utang tersebut lebih banyak dibanding utang sebuah negara. Pabrikan asal Jerman ini, memiliki utang lebih banyak dari Afrika Selatan, sebesar US$180,1 miliar.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Bawah VW

Kemudian, di bawah VW, ada Daimler yang berada di posisi ketiga, di bawah perusahaan AT&T. Jumlah utang pabrikan Bavarian ini sebesar US$151 miliar. Sedangkan di bawah Daimler, ada Toyota dengan utang US$138 miliar.

Setelah itu, ada Ford yang di posisi ke tujuh dalam daftar 10 perusahaan dengan utang besar. Pabrikan asal Amerika Serikat ini memiliki utang sebesar US$122 miliar.

Posisi bawahnya lagi, ada BMW yang berada di posisi delapan, dengan utang sebesar US$114 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.