Sukses

Sosok Nissan Ariya yang Akan Masuk Pasar Mobil Listrik 2021

Nissan Ariya bakal masuk pasar otomotif dunia pada 2021. Mobil listrik ini menjadi model kedua Nissan yang ada di pasar dunia. Yang pertama Nissan Leaf.

Liputan6.com, Jakarta Nissan Ariya bakal masuk pasar otomotif dunia pada 2021. Mobil listrik ini menjadi model kedua Nissan yang ada di pasar dunia. Yang pertama Nissan Leaf.

Model SUV crossover akan punya jarak tempuh yang lebih jauh dari Leaf. Seperti dilansir Carandriver, Nissan Ariya akan dapat menempuh 300 mil atau sekitar 480 kilometer. Semetara mobil pertama listrik Nissan hanya bisa mencapai 226 mil atau sekitar 361,6 kilometer.

Akan ada dua tipe baterai yang akan menyertai Nissan Ariya. Varian pertama menggunakan baterai 63 kWh sementara yang top of the line pakai yang berkapasitas 87 kWh. Pilihan penggerak rodanya juga ada dua, sistem gerak roda depan dan all wheel drive.

Nantinya Nissan Ariya akan berhadapan dengan Tesla Model Y dan Hyundai Kona Electric yang sudah ada di pasar lebih dahulu. Targetnya, seperti diungkap Reuters, produsen asal Jepang ini akan terjual 30 ribu unit di seluruh dunia.

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Produksi dan Area Pemasaran

Untuk produksinya sendiri di 2021, ada sumber lain yang menyatakan Nissan merencanakan akan membuat 40 ribu unit di Jepang. Bila permintaan melonjak, produksi bisa dilipatgandakan hingga 100 ribu unit dari pabrik Nissan lain seperti di Cina.

Jumlah produksi Nissan Ariya tahun depan ternyata masih jauh lebih rendah dari pencapaian mobil listrik terlaris dunia. Ya, Tesla Model 3 sudah terjual lebih dari 300 ribu tahun lalu.

Bila Nissan Ariya untuk model tahun 2021 di Jepang, maka negara lain akan menjadi model tahun berikutnya. Amerika, Eropa, Cina, akan mendapatkan mobil listrik ini sebagai model 2022.

 

 

3 dari 3 halaman

Harga Nissan Ariya

Apa yang menarik selain teknologi mobil listrik di Nissan Ariya? Jelas sistem otonomos akan jadi salah satu senjata yang digunakan Nissan untuk bersaing dengan Tesla.

Mobil listrik ini akan dipersenjatai semi autonomous driving system, ProPilot 2.0. Konsep nir sopir ini sebenarnya sudah dipakai lebih dahulu pada Nissan Skyline sedan.

Belum ada harga pasti yang dibocorkan, namun sudah ada yang memprediksinya. Untuk model terendah, harganya di mulai dari USD40 ribu (Rp591 juta), acuan USD 1 setara Rp14.796. Sementara untuk top of the lain akan di mulai dari USD45 ribu (Rp665 juta).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.