Sukses

Hadapi Adaptasi Kebiasaan Baru, Cermati Hal Ini Sebelum Berkendara Sepeda Motor

Ini tips yang perlu diterapkan untuk tetap berkendara aman dan sehat selama masa transisi.

Liputan6.com, Jakarta Sudah hampir sebulan masyarakat memasuki era New Normal di tengah pandemi Covid-19. Berbeda dengan sebelumnya, sejumlah kegiatan kembali berjalan namun masyarakat harus menjalankan protokol kesehatan yang diimbau oleh pemerintah. 

Hal itu bertujuan agar terhindar dari penularan virus, termasuk saat berkendara menggunakan sepeda motor. 

Namun, berbeda dengan sebelum pandemi, ada beberapa tips yang perlu diterapkan untuk tetap berkendara aman dan sehat. Berikut ulasannya:

Periksa 'kesehatan' motor

Saat di rumah saja, sepeda motor jarang digunakan, alhasil performa motor, baik fisik dan mesin akan menurun. Maka dari itu, sebelum beraktivitas alangkah baiknya kamu melakukan perawatan ringan untuk sepeda motor. 

Pertama bagi kamu pengguna sepeda motor tipe sport atau bebek, bisa memeriksa kondisi rantai. Jika sedikit berkarat, gunakan pembersih rantai agar komponen itu berjalan dengan baik. 

Bagi pengguna matic, kamu bisa cek suara mesin atau CVT saat dihidupkan. Jika mengeluarkan suara, kamu perlu membawanya ke bengkel resmi motor tersebut. Ingat, jangan dibongkar sembarangan ya. 

Selanjutnya, periksa tekanan ban, sistem pengereman, kopling dan lampu. Terakhir, periksa kondisi oli pada sepeda motor dengan membuka deepstick pada mesin. Cermati keenceran oli pada mesin, jika masih layak bisa kamu gunakan. Lebih baik menggantinya dengan yang baru agar tetap menjaga performa mesin.

Salah satu pelumas yang mampu menjaga performa sepeda motor ialah Castrol POWER1. Dengan Power Release Technology™ pada pelumas tersebut mampu membantu oli mengalir cepat dan kuat serta mengurangi gesekan pada mesin.

Teknologi ini terbukti mampu memberikan akselerasi dan tenaga yang luar biasa dengan satu sentuhan pada gas.

Dengan pemakaian rutin Castrol POWER1 bakal meningkatkan tenaga mesin dan melindunginya dari keausan. Itu karena Castrol POWER1 mengandung kandungan luar biasa, untuk mengurangi sumbatan pada bagian yang bergerak, mengurangi gesekan, dan meningkatkan produksi daya listrik dari mesin. 

Safety riding

Dalam beraktivtas di masa New Normal gunakan selalu helm selama berkendara. Selain itu, selalu gunakan masker atau buff agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik.

Gunakan sarung tangan yang menutupi seluruh bagian tangan (full cover). Bila hanya memiliki satu sarung tangan, selalu terapkan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan komponen ini.

Pada saat berkendara, selalu utamakan keselamatan. Hindari berkendara melintasi wilayah-wilayah yang merupakan pusat pandemi atau teridentifikasi sebagai zona merah, dengan mencari jalur alternatif.

Setelah sampai tujuan, kamu wajib mencuci tangan dan mencuci wajah dengan sabun. Saat tiba di rumah, segeralah mandi sebelum kontak fisik dengan keluarga. 

Jaga Jarak

Tak hanya saat antre atau berkumpul kamu harus jaga jarak. Dalam berkendara pun perlu menerapkan hal tersebut. Kamu cukup tidak berhenti terlalu berdekatan saat berkendara. 

Selain itu, saat kondisi panas, lebih baik tidak berteduh, karena panas juga bisa membunuh kuman, dibanding harus berteduh di suatu tempat.

Dengan menerapkan hal itu, kamu sudah menerapkan protokol kesehatan dalam berkendara. Yuk, berkendara dengan aman dan cegah penularan virus dari diri sendiri. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini