Sukses

Honda Indonesia Recall Puluhan Ribu Mobil, Begini Prosedurnya

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan recall atau penarikan kembali 85.025 mobil di Indonesia terkait komponen fuel pump.

Liputan6.com, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan recall atau penarikan kembali 85.025 mobil di Indonesia terkait komponen fuel pump yang terindikasi bermasalah. Akibat masalah tersebut, komponen tersebut memungkinkan mesin tak dapat dinyalakan atau berhenti beroperasi secara tiba-tiba.

Dijelaskan Denny MT, Service & Parts Asst. General Manager PT HPM, kampanye ini merupakan bagian dari upaya kami untuk selalu memastikan kendaraan konsumen berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi, dan dilakukan tanpa memungut biaya apapun.

"Mengingat pentingnya program ini, kami mengimbau dan mengingatkan kembali kepada konsumen yang kendaraannya teridentifikasi untuk segera membawa mobilnya ke bengkel resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen," jelas Denny dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (17/7/2020).

Model yang terindentifikasi dalam program ini meliputi Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic, dan Honda Accord produksi 2017 hingga 2019.

Bagi konsumen yang ingin mengetahui kendaraannya terkena atau tidak, diler Honda akan menghubungi si pemilik dan mengirimkan surat pemberitahuan langsung untuk menginformasikan apabila mobil Anda perlu termasuk dalam program pemanggilan untuk perbaikan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengecekan sendiri dengan memasukkan nomor rangka mobil di website http://pud.honda-indonesia.com/

Bagi yang mobilnya terkena, konsumen harus segera menghubungi diler resmi Honda untuk melakukan perbaikan. Sebelumnya, pemilik harus melakukan booking service dengan menghubungi bengkel resmi atau melalui aplikasi Honda e-Care.

Bagi mobilnya yang terkena recall, biaya pergantian tidak akan dikenakan biaya. Sedangkan waktu perbaikan bervariasi, tergantung jenis komponen yang diperbaiki. Untuk program penggantian komponen fuel pump membutuhkan waktu sekitar 60 – 90 menit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apakah kendaraan aman digunakan selama menunggu penggantian komponen tersebut?

Pemilik yang tengah menunggu perbaikan, tetap dapat menggunakan kendaraannya tapi tetap disarankan harus melakukan pergantian.

Sebagai informasi, program recall fuel pump ini dimulai 15 Juli 2020 sampai waktu yang tidak terbatas.

Sementara itu, pabrikan berlambang huruf H ini senantiasa melakukan evaluasi terhadap produknya. Jadi, seringkali ada pemilik mobil yang sudah melakukan mengikuti recall tapi tetap ada yang dipanggil untuk melakukan perbaikan.

Terkait dengan prosedur perbaikan, proses penggantian komponen fuel pump hanya dapat dilakukan di bengkel resmi Honda. Sebagai pilihan, Anda juga dapat memesan layanan pick up service atau penjemputan mobil ke rumah sesuai dengan ketersediaan di masing-masing dealer.

3 dari 3 halaman

Covid-19

Menjaga kesehatan dari setiap pengunjung dealer, Honda telah menerapkan prosedur kesehatan meliputi pengecekan suhu badan, imbauan untuk menggunakan masker, penerapan physical distancing di ruang penerimaan dan ruang tunggu serta proses sanitasi terhadap fasilitas dealer dan kendaraan pelanggan.

Selain itu, saat melakukan pengerjaan, teknisi juga akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di dalam kabin serta wajib menggunakan masker dan sarung tangan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.