Rahasia BMW Indonesia Menguasai Pasar Mobil Mewah pada Semester 1 2020

Oleh Arief Aszhari pada 17 Jul 2020, 11:02 WIB
Diperbarui 23 Jul 2020, 16:42 WIB
BMW
Perbesar
Logo BMW (Foto: picnations.com)

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan mobil di Tanah Air sepanjang semester 1 2020 memang mengalami kondisi yang tidak cukup menyenangkan. Hal tersebut, dipengaruhi oleh pandemi virus Corona atau Covid-19 yang terjadi di hampir seluruh negara dunia, termasuk Indonesia.

Namun, salah satu merek mobil mewah, BMW Group Indonesia justru menguasai pasar premium sepanjang Januari hingga Juni tahun ini. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pabrikan asal Jerman ini mampu mengalahkan Mercedes-Benz Indonesia dengan penjualan sebesar 1.006 unit secara wholesale (pabrik ke diler) dan 1.046 retail sales (diler ke konsumen).

Sedangkan pesaing terdekatnya, berada di posisi kedua, dengan penjualan sebesar 784 unit wholesale dan 833 unit retail sales.

Dijelaskan Jodie O’Tania, Communication Director BMW Group Indonesia, keberhasilan BMW mengkudeta Mercedes-Benz pada semester satu 2020, bukan datang tiba-tiba. Ada strategi yang memang sudah dipersiapkan sebelumnya, bahkan sejak setahun lalu.

"Kami juga didukung portfolio kendaraan BMW yang lengkap. Contoh seri X, ada X1 sampai X7," jelas Jodie saat berbincang dengan wartawan di sela-sela peluncuran virtual dua mobil performa tingginya, Kamis (16/7/2020).

2 dari 4 halaman

Alternatif Lain

Lanjutnya, strategi promosi selama masa Pandemi Covid-19 juga turut membantu penjualan BMW di pasar nasional. Meskipun kegiatan offline terbatas, disediakan alternatif lain, yaitu penjualan secara online.

"Bahkan, kami menjadi merek mobil mewah satu-satunya yang memiliki toko resmi di salah ecommerce," tegasnya.

 

3 dari 4 halaman

Inovasi

Selain itu, inovasi yang dilakukan oleh BMW juga turut membantu, dengan menghadirkan sesuatu yang baru untuk konsumen setianya di Indonesia.

Sebagai informasi, selama Januari hingga Juni 2020, BMW sudah menghadirkan Seri 6 GT, M5 35 Years Edition, Seri 3 Touring, X6. Sedangkan MINI meluncurkan Clubman, John Cooper Works Clubman, John Cooper Works Countryman, Countryman Blackhead Edition, hingga Cooper GT Edition.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓