Sukses

Mitsubishi Xpander AP4 Mulai Diuji Coba Perdana di Sirkuit Reli

Proyek crossover MPV reli pertama di dunia, Mitsubishi Xpander AP4 mulai diuji coba perdana di sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten

Liputan6.com, Serang - Proyek crossover MPV reli pertama di dunia, Mitsubishi Xpander AP4 mulai diuji coba perdana di sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten. Pengujian ini sendiri, dilakukan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan tim balap reli Xpander Rally Team (XRT).

Dijelaskan Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI, kolaborasi dengan tim XRT ini mewujudkan crossover MPV 7-seater pertama yang dimodifikasi dan bergabung dengan AP Rally terus berlanjut meskipun di tengah kondisi yang belum kondusif.

"Ini adalah salah satu upaya kami dalam mempersembahkan petualangan baru yang unik, yang hanya dimiliki oleh keluarga Mitsubishi Xpander dan tentunya akan kami bagikan pengalaman ini untuk dinikmati para konsumen kami di Indonesia," jelas Naoya Nakamura, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Kamis (16/7/2020).

Mitsubishi XPANDER AP4, yang kehadiranya di Indonesia berawal dari ditampilkannya Xpander AP4 concept pada ajang pameran otomotif IIMS, April 2019 lalu. Kemudian, pada Juli 2019 mobil ini kembali ditampilkan di pameran otomotif dengan tampilan design yang sudah menyerupai aslinya yaitu dalam bentuk prototype.

Di saat yang bersamaan, Xpander AP4 sedang melewati masa riset dan pengembangan di Ralli art Selandia Baru, dan menjadi Crossover MPV yang dibangun dan dikembangkan untuk menjadi sebuah mobil reli. Setelah melewati proses homologasi, Xpander AP4 dengan basis crossover terbaru yaitu Xpander Cross, akhirnya hadir di Indonesia.

Meski demikian Xpander AP4 belum berkesempatan untuk menunjukkan performanya di ajang Reli di Indonesia disebabkan kondisi pandemi Covid-19 yang menunda Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally dan Speed Rally sepanjang 2020.

Mitsubishi Xpander AP4 untuk pertama kalinya menjalani uji coba di Indonesia yang dilakukan di lintasan gravel.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil pengujian

Pembalap XRT sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar menjelaskan sangat puas pada uji coba perdana Mitsubishi Xpander AP4 di Sirkuit Tembong Jaya, Serang.

"Testing sejauh 100 kilometer itu sangat bermanfaat karena kami mendapatkan data otentik mengenai semua performance di mobil tersebut, mulai dari mesin, transmisi, suspensi dan juga sasis," tambahnya. 

3 dari 3 halaman

Tak Ada Masalah

Berdasarkan hasil uji coba perdana di lintasan gravel, Xpander AP4 menunjukkan performa dan hasil yang baik dan tidak ditemukan masalah yang berarti.

Dari hasil tersebut, diperoleh data-data yang berguna dalam pengembangan dan penyesuaian Xpander AP4 selanjutnya baik dari sisi bahan bakar, ban, air pendingin turbo, dan sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.