Sukses

Sebelum Touring, Siapkan 5 Perlengkapan Penting Ini

Ketika melakukan perjalanan jauh, pengendara motor harus mengetahui perlengkapan penting yang harus digunakan

Liputan6.com, Jakarta - Motor bagi sebagian orang tidak hanya sebagai alat transportasi harian saja. Bahkan, banyak pengguna motor yang sangat menggemari bepergian jarak jauh alias touring dengan roda dua kesayangan.

Namun, ketika melakukan perjalanan jauh, pengendara motor harus mengetahui perlengkapan penting yang harus digunakan. Hal tersebut, berguna untuk melindungi diri dari cuaca dan cedera ketika terjadi sesuatu hal atau kecelakaan di jalan.

Berikut, perlengkapan penting yang wajib digunakan saat melakukan perjalanan jauh, seperti dilansir dari laman resmi Wahana Honda:

1) Helm Standar SNI

Perlengkapan penting ketika berkendara yang paling utama adalah helm berstandar SNI. Hal ini merupakan aturan utama yang dianjurkan pemerintah dan hukumnya wajib. Setidaknya helm yang dipakai menutupi sebagian besar atau seluruh wajah.

Fungsinya adalah untuk melindungi bagian kepala dari cedera ketika terjadi kecelakaan. Karena sebagian besar korban meninggal karena kecelakaan disebabkan cedera pada bagian kepala.

2) Jaket dan Pelindung

Perlengkapan berikutnya yang harus digunakan adalah jaket tebal serta pelindung. Pelindung yang dipakai minimalnya adalah pelindung siku dengan bantalan yang tebal.

Fungsinya untuk melindungi siku ketika terjatuh karena bagian ini rentan cedera ketika terjadi kecelakaan saat touring.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3) Sarung Tangan

Perlengkapan penting ketika berkendara selanjutnya adalah sarung tangan. Perlengkapan ini bergantung kepada pilihan masing-masing. Anda bisa memilih yang menutup seluruh bagian tangan atau sebagian saja. Fungsinya untuk menjaga kondisi tangan dan melindunginya dari terik matahari.

4) Pelindung Lutut dan Celana Riding

Perlengkapan selanjutnya adalah celana khusus riding yang dilengkapi dengan bantalan di beberapa bagian tertentu serta pelindung lutut. Fungsi keduanya adalah untuk mengurangi kemungkinan cedera ketika terjadi kecelakaan selama touring. 

 

3 dari 3 halaman

5) Sepatu

Perlengkapan penting ketika berkendara yang terakhir adalah sepatu. Sepatu tidak hanya berfungsi melindungi kaki dari sinar matahari serta cedera tapi juga membuat kaki Anda tetap nyaman ketika berkendara. Oleh karena itu, pastikan memakai sepatu dengan bahan yang nyaman dan sesuai dengan kaki Anda. Jika memungkinkan gunakan sepatu khusus untuk riding.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.