Sukses

Tak Mau Ketinggalan, Suzuki Juga Siapkan Motor Hybrid

Suzuki ternyata tidak mau ketinggalan untuk menghadirkan motor revolusioner masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki ternyata tidak mau ketinggalan untuk menghadirkan motor revolusioner masa depan. Pabrikan berlambang huruf S ini, bahkan telah mengajukan paten untuk roda dua bertenaga hybrid.

Melansir Visordown, kendaraan hybrid memang tengah gencar dikembangkan berbagai pabrikan motor dunia, seperti Kawasaki hybrid two-stroke supercharged dan Yamaha Trike hybrid. Sepertinya, jenama motor di dunia melihat, teknologi hybrid menjadi masa depan pasar motor di dunia.

Berdasarkan gambar paten yang tersebar, motor hybrid Suzuki ini memiliki konstruksi alternatif, dengan mesin pembakaran internal kecil yang diletakan di tempat baterai. Mesin bensin ini bakal menjadi generator untuk motor listrik, dan dapat menggerakan roda secara langsung.

Selain itu, Suzuki juga menunjukan desain motor listrik dengan desain modular. Untuk motor jenis ini, Suzuki memiliki spesifikasi baterai besar yang terletak di tempat mesin konvensional.

Namun sayang, spesifikasi lengkap dan cara kerja teknologi ini belum dibocorkan secara detail. Tapi yang pasti, jenama asal Jepang ini cukup serius dengan motor hybrid dan listrik ini, serta dipastikan bakal masuk jalur produksi.

Bicara desain, gambar paten ini lebih menunjukan bentuk dasar ya kaku. Pecinta otomotif harus bersabar, menunggu desain motor ini jadi secara keseluruhan dalam bentuk prototipe atau produksi, karena memang banyak pameran kendaraan yang gagal tahun ini karena pandemi Virus Corona.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suzuki Sebut Dunia Belum Siap dengan Motor Listrik

Dalam beberapa tahun terakhir, pengembangan mobil atau motor listrik gencar dilakukan berbagai pabrikan dunia. Namun, masih banyak pecinta otomotif yang menganggap, kendaraan yang ramah lingkungan ini belum bisa menggantikan 100 persen kendaraan konvensional, atau yang menggunakan bensin atau solar.

Hal tersebut, juga diamini oleh salah satu pabrikan motor besar asal Jepang, Suzuki. Bahkan, jenama berlambang huruf 'S' ini mengatakan, pasar belum siap untuk motor listrik.

Berbicara dengan Financial Express, Wakil Presiden Pemasaran dan Penjualan Suzuki India, Devashish Handa, fokus pihaknya saat ini bukan motor listrik.

Bahkan, bukan hanya model baru, karena krisis kesehatan yang sedang berlangsung memaksa pabrikan untuk beradaptasi dengan cara penjualan yang baru.

"Kami mengamati orang dengan sangat hati-hati, tetapi perjalanan dengan kendaraan roda dua listrik belum konsisten," ujar Handa dalam wawancara, yang disitat dari Autoevolution, Senin (29/6).

Namun, bukan berarti Suzuki Motorcycle tidak mempersiapkan masa dengan dengan motor listrik, tanpa suara, dan bebas polusi. Tapi, hingga saat ini memang Suzuki belum bisa menunjukan pengembangan kendaraan listriknya.

"Biaya akuisisi dibandingkan dengan kendaraan ICE (internal combustion engine) terus menjadi perhatian. Ketika pembeli siap, Suzuki akan hadir di pasar karena sudah memiliki teknologi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.