Sukses

Motor Ini Menjadi Basis Harley-Davidson 350 Cc

Berdasarkan gambar paten yang bocor diketahui proyek Harley-Davidson 350 cc bakal menggunakan basis QJ350.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan gambar paten yang bocor diketahui proyek Harley-Davidson 350 cc bakal menggunakan basis QJ350. Motor tersebut mengandalkan mesin pararel twin berdaya 36 Tk. Dan kabarnya, siap diperkenalkan tahun ini. 

Awalnya pada 2018 Harley-Davidson mengatakan bakal meluncurkan sepeda motor berkapasitas 250 sampai 500 cc dalam dua tahun ke depan.

Pada Juni 2019, perusahaan mengumumkan kolaborasinya dengan Qianjiang dan berjanji untuk mengembangkan sepeda motor Harley-Davidson secara bersama-sama. Secara spesifik target mereka yaitu memasarkan produk premium kelas menengah di Cina dan Asia.

Kemudian pada medio 2019, beredar rumor HD menggarap motor berkapastias 350 cc turunan dari Benelli 302S buatan Qianjiang. Bahkan gambar yang tersebar menampilkan sasis dan swingarm identik dengan desain Harley.

Ciri khas paling mencolok ada pada tangki berwarna jingga lengkap dengan logo kebanggaan motor asal Amerika Serikat.

Namun isu yang beredar sekarang berubah. Justru dokumen yang bocor saat ini memberi sedikit kejelasan tentang produk barunya itu. Terungkap kalau HD berkapasitas kecil memakai produk berlabel QJMotor.

Ialah merek "high-end" Qianjiang yang baru diluncurkan untuk pasar Cina, dibangun dan didesain ulang serta punya spesifikasi lebih tinggi dari Benelli.

Produk pertamanya ada SRK600 empat silinder roadster, dan segera meluncur SRG600 bermesin sportbike serta SRB750 model adventure.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbasis Mesin Motor Benelli

Karena didasari sebagai motor premium, maka menggunakan basis mesin dari QJ350 lebih layak. Dari situ bisa terlihat kalau dirinya nanti pakai mesin dua silinder 353 cc yang baru dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 36 Hp.

Angka itu sebenarnya 2 hp lebih kecil dari yang dicapai Benelli 302S. Alasan paling utama yaitu karena ada pembatasan emisi. Namun yang pasti, motor makin ringan dan lebih mengandalkan torsi ketimbang power.

Rangka dan swingarm yang nantinya digunakan masih sama dengan gambar yang beredar sebelumnya. Sementara bagian lainnya juga serupa, yang terinspirasi dari motor flat track Harley-Davidson. Tapi jangan berharap banyak soal mesin konfigurasi V-Twin khas mereka.

Sementara dari gambar yang menunjukkan sebagai QJ350, ada beberapa elemen yang dipastikan nempel di Harley Davidson 350 cc.

Seperti cluster instrumen TFT full colour, keyless, penggunaan rem ABS Bosch 9.1MB, ada pula suspensi upside down dengan cakram ganda di depan.

 

3 dari 4 halaman

Fokus Utama HD

Jika benar, motor asal Milawaukee itu dandani layaknya HD350 dengan bodywork yang sesuai dengan jajaran modelnya saat ini.

Namun beberapa minggu yang lalu, pabrikan dari negeri Paman Sam mengumumkan akan mengurangi produksi dan membatalkan rencana ekspansi “More Roads to Harley”. Ambisi mereka saat ini yaitu melakukan strategi baru yang jauh lebih konservatif.

Salah satu fokus utamanya adalah mengatur ulang jadwal peluncuran model baru dan berpotensi memangkas beberapa proyek yang tidak sesuai dengan ruang lingkup perusahaan.

Tapi peluncuran Harley-Davidson HD350 untuk negara-negara Asia diharapkan sebelum akhir tahun. Semoga terlaksana.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini