Sukses

Acura TLX 2021 Gunakan Airbag Terbaru, Simak Kecanggihannya

Siap dijual di Amerika musim gugur tahun ini, All New Acura TLX 2021, dilengkapi dengan teknologi keselamatan First Passenger Front Airbag.

Liputan6.com, Jakarta - Siap dijual di Amerika musim gugur tahun ini, all new Acura TLX 2021, dilengkapi dengan teknologi keselamatan First Passenger Front Airbag. Didesain khusus untuk mengurangi cedera otak yang disebabkan oleh benturan dari arah depan samping, fitur ini merupakan yang pertama di dunia.

Menjadi fitur unggulan, generasi terbaru airbag canggih ini merupakan wujud komitmen Acura dalam memaksimalkan keselamatan penumpang.

Sebelumnya, Acura telah menciptakan Vertical Deploying Passenger Airbag yang memiliki desain unik sehingga mengurangi potensi cedera karena airbag mengembang di tahun 1991. Teknologi tersebut akhirnya diadopsi oleh industri otomotif selama beberapa tahun. Melanjutkan pencapaian tersebut, di tahun 2021, Honda R&D America bersama dengan supplier fitur keselamatan, Autoliv, berhasil menciptakan teknologi airbag yang ditawarkan ke produsen otomotif lain guna meningkatkan performa keselamatan.

“Acura TLX terbaru merupakan salah satu rancangan tim kami di Ohio, guna mewujudkan inovasi dan menciptakan masyarakat yang lebih aman dan bebas dari kecelakaan,” ujar Jim Keller, President Honda R&D America.

All new Acura TLX memiliki target 5 bintang dalam uji fitur keselamatan melalui ajang New Car Assessment Program (NCAP) yang digelar oleh Badan Keselamatan Lalu Lintas Amerika.

Teknologi terbaru dari Front Passenger Airbag pada mobil Acura TLX didesain untuk menghadapi benturan dari arah depan samping. Benturan ini berpotensi membuat kepala pengendara terputar pada kecepatan tinggi dan menyebabkan cedera serius.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengurangi Tekanan Saat Terjadi Benturan

Teknologi tersebut dibangun berdasarkan penelitian cedera otak yang dipelajari oleh santis di Badan Transportasi Amerika. Dalam penelitian tersebut tercipta metodologi Brain Injury Criteria (BrIC) untuk mengukur tingkat cedera otak dalam sebuah kecelakaan.

“Saya sangat bangga melihat bagaimana tim insinyur kami melakukan penelitian terhadap cedera otak, kemudian melahirkan sebuah pencapaian yang penting dalam sejarah desain airbag,” ujar Jim Keller.

Dibandingkan penggunaan Single Inflatable Chamber (satu kantong airbag), desain airbag terbaru dari Acura beroperasi seperti sarung tangan penangkap bola baseball.

Pertama, satu kantong yang tidak mengembang akan menangkap kepala pengendara dari sisi depan sehingga mengurangi tekanan saat terjadi benturan. Di saat yang sama, dua kantong di sisi kiri dan kanan akan ikut mengembang, melindungi kepala pengendara dari benturan fatal sekaligus mencegah kepala terpuntir yang dapat menyebabkan cedera serius.

 

3 dari 3 halaman

Empat Komponen Utama

Pada dasarnya, desain terbaru Passenger Front Airbag bekerja dengan empat komponen utama, yakni tiga buah kantong yang berada di bagian depan, sebelah kanan dan kiri untuk mengamankan kepala dari berbagai sisi.

Tak hanya itu, terdapat juga sebuah panel yang menyambungkan sisi kanan dan kiri dari ketiga kantong udara tersebut.

Sebagai informasi, All New Acura TLX kini telah dilengkapi airbag pada bagian lutut untuk pengendara dan penumpang di kursi depan. Airbag tersebut didesain untuk mencegah benturan fatal di bagian lutut, dengan didukung Front Airbags dan Seatbelts.

Secara keseluruhan, All new Acura TLX dilengkapi delapan airbag. Lebih banyak dari generasi sebelumnya, terdapat pula sensor benturan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.