Perilaku Buruk Orang Tua Saat Mengemudi Bisa Menular ke Anak

Oleh Arief Aszhari pada 01 Jul 2020, 09:02 WIB
Diperbarui 01 Jul 2020, 17:35 WIB
Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta - Kasus kecelakaan yang selama ini terjadi masih banyak yang melibatkan anak di bawah umur. Kurangnya pengawasan orang tua terkait anak yang sudah diperbolehkan membawa mobil atau motor, acap kali menjadi biang masalah di jalan, yang bahkan tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain.

Selain itu, sebuah organisasi keselamatan jalan raya milik pemerintah negara bagian Victoria, Australia, Transport Accident Commision (TAC), cara mengemudi orang tua atau sang ayah bisa menurun kepada anak-anaknya.

Dilansir situs TAC, organisasi ini telah melakukan berbagai riset, hasilnya, banyak manusia belajar banyak tentang prilaku mereka dengan mengamati manusia lain. Dari hasil ini, banyak yang berpengaruh.

Di tahun pertama seorang pengemudi baru di Victoria, ternyata terdapat empat kali lebih terjadi kecelakaan fatal dibandingkan dengan driver yang berpengalaman.

Setidaknya penelitian ini dilakukan pada 350 lebih pengemudi muda yang memiliki rentang usia antara 18-25 tahun. Bahkan meski kini angkanya mengalami penurunan, namun pada 2016, 19 persen pengemudi muda di Victoria mengalami kecelakaan hingga menghilangkan nyawa.

Sementara itu, Australian Transport Safety Bureau (ATSB) atau Biro Keselamatan Transportasi Australia menyatakan, dari penelitian yang telah dilakukan belum lama ini ada beberapa alasan mengapa pengumudi muda mengalami kecelakaan.

2 dari 4 halaman

Kebiasaan Sandarkan Kaki ke Dasbor Bisa Berakibat Fatal, Ini Buktinya

Salah satu contoh kebiasaan yang dilakukan penumpang depan adalah menyandarkan kaki di atas dasbor. Posisi seperti ini sebenarnya bisa berakibat fatal kala terjadi kecelakaan.

Seusai menekuk terlalu lama, meluruskan kaki tentu dapat membantu tubuh agar tetap rileks. Tak jadi masalah bila dilakukan ketika sedang duduk di bangku belakang sebuah sedan flagship Long Wheelbase.

 

3 dari 4 halaman

Mobil Mewah

Seperti Mercedes S-Class atau BMW 7-series. Keduanya menyajikan fitur sandaran ruang kaki. Yang menjadi masalah adalah jika Anda menaruh kaki di dasbor. Mau di Toyota atau bahkan Maybach sekalipun itu berbahaya.

Anggota Kepolisian Dyfed-Powys di Wales, Sersan Ian Price, seperti dikutip situs Dailymail UK, mengunggah foto X-Ray mengerikan. Unggahan ini ditujukan sebagai peringatan agar tidak meletakkan kaki di dasbor.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓