Sukses

Disuntik Mati di Jepang, Bagaimana Nasib Honda Civic Sedan di Indonesia?

Menurunnya penjualan Honda Civic sedan di Jepang, membuat pabrikan harus menghentikan penjualan. Tak hanya itu, produksi lokal mobil legendaris tersebut juga dihentikan di Negeri Sakura.

Liputan6.com, Jakarta - Menurunnya penjualan Honda Civic sedan di Jepang, membuat pabrikan harus menghentikan penjualan. Tak hanya itu, produksi lokal mobil legendaris tersebut juga dihentikan di Negeri Sakura.

Bagaimana dengan Honda Civic di Indonesia? Menanggapi hal tersebut, Yusak Billy, Direktur Marketing PT Honda Prospect Motor menegaskan, pihaknya tak akan menghentikan penjualan Honda Civic dalam waktu dekat.

"Sekarang ini Belum ada rencana menghentikan penjualan Civic di Indonesia," katanya kepada Liputan6.com, Senin (29/6/2020).

Meski penjualan mobil sedan di Indonesia tak lagi besar, Yusak menegaskan konsumen loyal Civic di Tanah Air cukup tinggi. Hal ini membuat pabrikan berlambang huruf 'H' itu tetap mempertahakannya hingga saat ini.

"Penjualan sebuah model di suatu negara pastinya ditentukan oleh pasar dan permintaan konsumennya masing-masing. Sampai saat ini Civic merupakan salah satu model yg mempunyai konsumen loyal di Indonesia, meskipun secara umum memang penjualan sedan tidak besar," tuturnya.

Secara angka, penjualan Honda Civic sedan sebelum Pandemi hanya 80 unit setiap bulan dan 120 unit khusus model hatchback.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Honda Civic Hatchback dan Type R Masih Tersedia

Dari laporan yang diwartakan situs Motor1, Civic sedan cuma terjual 1.619 unit. Angka penjualan tahun fiskal lalu.

Jelas jauh perbandingannya dengan si mobil mungil N-Box, yang memegang titel kei car dengan penjualan terbaik pada 2019. Sebuah kenyataan pahit bagi keluarga Civic.

Alhasil, Civic bakal kembali dicoret namanya pada daftar penjualan di pasar domestik Jepang (Japanese Domestic Market / JDM).

Sebelumnya pernah terjadi, pada 2010 nama Civic absen dari penjualan JDM. Temporer karena generasi ke-10 Civic kembali mengaspal pada 2017.

Sementara tipe model lima pintu hatchback dan sang jawara lintasan, Honda Civic Type R masih akan tersedia.

3 dari 3 halaman

Langsung dari Inggris

Didatangkan langsung dari Inggris. Namun sebatas sampai masa hidup model saat ini habis atau berganti generasi. Ada kaitan juga dengan penutupan pabrik di Swindon, Inggris.

Dalam pengumuman sebelumnya, Honda berencana menutup penuh pabrik Swindon pada 2021.

Pabrik yang memproduksi Civic itu bakal berhenti sepenuhnya tahun depan, berbarengan dengan habisnya masa hidup Civic generasi terkini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini