Sukses

Penjualan Sigra Ungguli Xenia, Ini Kata Daihatsu

Karena kepraktisannya dan harga yang relatif terjangkau membuat kendaraan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) menjadi favorit

Liputan6.com, Jakarta - Karena kepraktisannya dan harga yang relatif terjangkau membuat kendaraan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) menjadi favorit masyarakat Indonesia. 

Persaingan kategori MPV di pasar mobil nasional pun semakin ketat. Hampir semua brand mengeluarkan model tersebut, khususnya kategori low MPV.

Seperti Toyota dengan Avanza, lalu ada Xenia yang diproduksi Daihatsu, Mitsubishi dengan Xpander, adapula Suzuki Ertiga dan brand lainnya.

Daihatsu Xenia yang menempati peringkat ketiga sebagai low MPV terlaris, pada Mei 2020 lalu telah terjual kurang lebih 5.000 unit.

Meski demikian, prestasi kembaran Avanza ini masih berada di bawah penjualan saudaranya sendiri di kelas MPV LowCostGreenCar (LCGC), yaitu Daihatsu Sigra.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Data Gaikindo

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), di kuartal pertama atau sepanjang Januari-Maret 2020, Daihatsu Sigra mencatatkan penjualan sebanyak 13.467 unit atau turun 2,1 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019.

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan bahwa secara logika, orang Indonesia lebih banyak memilih MPV dibanding hatchback.

Hendrayadi memperkirakan jika saat ini konsumen Indonesia sedang membutuhkan mobil. Namun, karena income konsumen saat ini sedang menurun menjadikan daya beli ikut turun.

 

3 dari 3 halaman

Akibat Daya Beli Menurun

"Konsumen juga lebih hati-hati dalam melakukan spending-nya. Yang tadinya mereka rencananya mau membeli MPV low, karena daya beli menurun membuat mereka beralih membeli MPV LCGC, tapi kebutuhannya tetap MPV," terang Hendrayadi.

Fenomena inilah yang membuat MPV LCGC jadi mengembang, sedangkan MPV low yang harganya lebih tinggi dari LCGC kontribusinya jadi sedikit menurun.

"Hal inilah yang sedang kami analisa dan perkirakan," tambah Hendrayadi.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.