Sukses

Lima Tahun Pakai, Ini Tujuh Komponen pada Motor Sport yang Mesti Diganti

Saat motor memasuki usia lima tahun, pemilik harus lebih memperhatikan kondisi kendaraan dan aktif melakukan perawatan agar seluruh komponen bekerja maksimal.

Liputan6.com, Jakarta - Saat motor memasuki usia lima tahun, pemilik harus lebih memperhatikan kondisi kendaraan dan aktif melakukan perawatan agar seluruh komponen bekerja maksimal.

Selain perawatan, beberapa komponen motor juga harus diganti karena memiliki usia pakai. Meski terbilang minim perawatan, hal ini juga berlaku untuk motor di segmen sport.

Khusus motor sport, sedikitnya terdapat tujuh komponen yang harus diganti jika motor sudah berusia lima tahun.

Berikut tujuh komponen yang harus diganti setelah motor sport berusia lima tahun, seperti dilansir Federal Oil, Jumat (26/6/2020).

Hal pertama yang harus diganti ialah Piston, Valve kit, Rantai Mesin, Cranshaft dan bearing end. Penting bagi pemilik kendaraan selalu memperhatikan komponen ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komponen Lain yang Harus Diganti

Selanjutnya, pergantian komponen juga berlaku untuk sela pada mesin, O-ring penutup oli serta gasket.

Selain komponen di bagian mesin, pemilik kendaraan juga wajib memperhatikan suspensi, khususnya pada bagian seal. Berbahan karet, seal biasanya sudah getas ketika mencapai usia lima tahun.

 

3 dari 3 halaman

Komponen Lain

Terlebih, seal depan harus bekerja maksimal saat motor melaju. Pada motor sport, kampas kopling manual juga perlu dilakukan penggantian.

Selain itu, rantai roda satu set dengan gir depan dan belakang juga harus diganti. Jika ingin mendapatkan suku cadang terpercaya dan garansi, pemilik sebaiknya melakukan penggantian di bengkel resmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.