Sukses

Honda Jazz Hybrid dengan Teknologi F1 Meluncur Akhir Tahun

Honda Motor Europe Ltd. akan mengaplikasikan mesin hybrid berdasarkan teknologi mobil balap pada Honda Jazz terbaru. Siap meluncur akhir tahun, pabrikan asal Jepang ini merancang Hybrid Power Unit (PU) kedalam sistem hybrid terbarunya, e:HEV.

Liputan6.com, Jakarta - Honda Motor Europe Ltd. akan mengaplikasikan mesin hybrid berdasarkan teknologi mobil balap pada Honda Jazz terbaru. Siap meluncur akhir tahun, pabrikan asal Jepang ini merancang Hybrid Power Unit (PU) kedalam sistem hybrid terbarunya, e:HEV.

Berbekal pengalaman tim balap F1, mesin terbaru bernama RA620H ini memiliki kapasitas 1.600 cc, enam silinder. Mendapat internal combustion engine, jantung pacu yang disematkan akan dikombinasikan dengan Energy Recovery System.

Merupakan daur ulang dari pengereman dan gas buang, sistem hybrid diklaim mampu memberikan tenaga tambahan serta mengurangi gejala lag atau kurang responsif pada kendaraan.

Musim balap lalu, mesin hybrid Honda berhasil membantu tim Aston Martin Red Bull Racing dan Scuderia Toro Rosso meraih tiga kali kemenangan dan enam podium.

“Di sepanjang balap Formula 1, tim kami dengan cermat telah mengukur berapa banyak bensin yang dikonsumsi agar dapat mengikuti ketentuan dari penyelenggara balap," kata Yasuaki Asaki sebagai Head of PU Development.

Dengan menggunakan sistem e:HEV, mesin hybrid akan mendaur ulang energi dan memanfaatkannya untuk mengisi baterai dan menciptakan tenaga yang lebih besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terdapat Tiga Mode

Mesin tersebut terdiri dari dua komponen motor listrik, mesin 1.5L DOHC i-VTEC, sebuah baterai lithium-ion, dan transmisi fixed-gear melalui intelligent power control.

"Di mesin e:HEV yang kami rancang, kami mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun,” ujar Yasuaki Asaki.

Untuk menciptakan pengalaman berkendara, e:HEV hybrid akan mengatur pergantian secara otomatis di antara tiga mode, yakni EV Drive atau baterai lithium-ion menyalurkan energi listrik ke motor penggerak secara langsung.

 

3 dari 3 halaman

Hybrid Drive

Hybrid Drive atau mesin bekerja dengan menyalurkan energi ke generator listrik, yang kemudian disalurkan ke motor penggerak listrik, dan Engine Drive, dimana mesin berbahan bakar bensin terhubung langsung ke roda melalui lock-up clutch dan daya gerak ditransmisikan secara langsung dari mesin ke roda.

Dibandingkan penggunaan transmisi konvensional, Honda Jazz terbaru dilengkapi transmisi Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (eCVT) dengan single-fixed gear.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini