Mau Lihat Gerhana Matahari dari Mobil, Gunakan Fitur Ini

Oleh Liputan6.com pada 21 Jun 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 21 Jun 2020, 06:00 WIB
Panoramic Roof
Perbesar
Panoramic Roof.(Nissan)

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena gerhana matahari cincin diprediksi akan berlangsung hari ini. Namun, tak semua wilayah Indonesia bisa menikmatinya.

Jika Anda tertarik menyaksikan fenomena ini, Anda harus tahu bahwa gerhana matahari tidak boleh dilihat secara langsung karena membahayakan mata. Bahkan yang paling serius adalah kerusakan mata secara permanen.

Oleh sebab itu, Anda harus memakai pelindung jika ingin menyaksikan gerhana matahari cincin, seperti kaca mata. Bisa juga memanfaatkan terobosan dari industri otomotif, yakni fitur panoramic roof.

 

Fitur ini sudah dilengkapi atau dilapisi bahan khusus yang bisa menangkal paparan sinar matahari saat melihat gerhana matahari.

 

2 dari 4 halaman

Panoramic Roof

Melansir dari laman resmi Nissan, fitur panoramic roof memiliki ukuran kaca yang cukup besar, bahkan hampir sebesar atap mobil itu sendiri. Dengan begitu, penumpang bisa dengan leluasa melihat pemandangan di atasnya.

Akan tetapi mobil yang dilengkapi fitur panoramic roof memiliki harga yang cukup mahal, paling tidak di atas Rp400 juta. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa mobil yang pakai fitur ini seperti, Nissan Serena, Honda HR-V Prestige dan beberapa lainnya.

3 dari 4 halaman

Sunroof dan Panoramic Roof Wajib Dirawat, Begini Caranya

Sunroof dan panoramic roof sudah menjadi fitur standar bagi sebagian mobil menengah ke atas. Dengan menggunakan komponen ini, selain bakal terlihat lebih mewah juga suasana kabin terkesan lebih luas dengan penggunaan kaca di atapnya.

Penggunaan sunroof dan panoramic roof sejatinya tak bisa lepas dari perawatan. Pasalnya, dengan menggantikan atap solid dengan kaca, maka kaca akan terlihat kusam.

Dijelaskan Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, ada beberapa sektor yang harus diperhatikan untuk mobil yang pakai sunroof dan panoramic roof. Mulai dari kaca, karet-karet seal pada bagian sisi, hingga faktor kebersihannya.

"Perawatan kaca ini penting dilakukan seperti halnya kaca pada umumnya. Fungsinya agar terhindari dari jamur yang bisa bikin kusam. Untuk karet, harus dicek kondisinya, jangan sampai getas yang bisa bikin bocor," ujar Suparman seperti dilansir laman resmi Auto2000, Selasa (30/7/2019).

Lanjut Suparman, untuk kebersihan kaca panoramic roof atau sunroof bisa dilakukan layaknya membersihkan kaca depan mobil. Pilih cairan yang tidak banyak mengandung zat kimia, dan usahakan minimal satu minggu sekali dibersihkan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓