Sukses

7 Tips Sebelum Berkunjung ke Tempat Wisata di Tengah Masa Transisi

Beberapa tempat wisata di Indonesia mulai dibuka secara bertahap. Misalkan saja Taman Safari yang berlokasi di Bogor sudah mulai dibuka sejak 15 Juni 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tempat wisata di Indonesia mulai dibuka secara bertahap. Misalkan saja Taman Safari yang berlokasi di Bogor sudah mulai dibuka sejak 15 Juni 2020.

Tentu harus ada langkah-langkah yang dilakukan untuk mencegah penularan Corona Covid-19. Berikut 7 tips berwisata seperti yang dikutip dari Auto2000.

1. Pelajari Lokasi Tujuan Wisata

Cek informasi seputar lokasi wisata yang akan didatang, termasuk apakah perlu membawa surat kesehatan. Pastikan tempat tersebut telah menerapkan protokol kesehatan seperti membatasi jumlah pengunjung, menyediakan tempat cuci tangan, mewajibkan penggunaan masker, dan menerapkan aturan physical distancing. Kalau ragu, sebaiknya tunda mendatangi lokasi tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bawa Dokumen Penting dan Siapkan Tas Siaga COVID-19

Selain KTP, Anda harus membawa fotokopi kartu keluarga untuk berjaga-jaga jika ada check-point atau kebutuhan lain di tujuan berlibur. Pastikan pengemudi membawa SIM A dan asuransi mobil masih berlaku. Serta, bawalah juga tas siaga COVID-19 yang berisi perlengkapan pribadi seperti masker cadangan, hand sanitizer, sabun cuci cair, tisu basah, kantong penyimpan masker kotor, serta perlengkapan shalat dan makan pribadi. Pastikan setiap anggota keluarga membawa satu tas tersebut.

3. Jalankan Protokol Kesehatan

Anda dan keluarga akan berada di tempat umum sehingga pastikan untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Yakni pakai masker, cuci tangan sesering mungkin, dan jaga jarak aman. Walaupun dalam satu mobil hanya berisi 1 keluarga, tetap terapkan aturan physical distancing yaitu 2 orang untuk setiap baris bangku.

3 dari 4 halaman

4. Jaga Kebersihan Mobil

Usahakan mobil selalu bersih dengan mencucinya sebelum dan sesudah perjalanan, termasuk jika harus menginap. Bawa perlengkapan mencuci mobil supaya praktis dan menutupnya dengan selimut mobil yang dapat dibeli.

5. Persiapkan Dukungan Berkendara

Isi penuh bahan bakar dan kartu etoll agar tidak perlu banyak berhenti. Pakai gagang saat menempelkan kartu etoll di gerbang tol otomatis. Gunakan peta digital untuk memudahkan perjalanan. Siapkan makanan dan minuman ringan dalam usaha mengurangi singgah ke minimarket atau restoran. Kalaupun harus singgah, pastikan tempat tersebut menjalankan protokol kesehatan. Jika tidak, sebaiknya mencari lokasi yang lebih aman.

4 dari 4 halaman

6. Catat Kontak ERA

Hafalkan atau catat nomor Emergency Road Assistance (ERA). Jika sewaktu-waktu mobil mengalami kendala, layanan tersebut bisa dihubungi 24 jam.

7. Periksa Kondisi Mobil

Agar liburan dengan keluarga tidak terganggu, jangan lupa cek mobil ke bengkel resmi. “AutoFamily diharapkan tetap waspada dan harus disiplin menjalankan protokol kesehatan saat pergi berlibur, baik di jalan maupun di lokasi tujuan, termasuk mempersiapkan kendaraan dengan seksama untuk melindungi keluarga tercinta. Supaya lebih mudah dan nyaman, segera manfaatkan promo Kembali Ke Auto2000 dengan melakukan booking service terlebih dahulu, karena di Auto2000 Urusan Toyota Lebih Mudah” terang Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, Jumat (19/6/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.